Beauty

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Air Beras

  by: Kissy Aprilia       30/3/2022
  • Beberapa kali Cosmo melihat konten di internet mengenai cara memanjangkan rambut dengan menggunakan air beras. Bahkan Kourtney Kardashian juga bercerita bahwa sang kakak, Kim Kardashian, juga melakukan hal serupa untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambutnya. Seorang influencer TikTok bernama Mistica Abdelkhaliq juga pernah membuat video tutorial dan mengatakan bahwa ia mengalami pertumbuhan rambut yang menakjubkan. Pertanyaannya: apakah air beras benar efektif memanjangkan rambut?


    Apa manfaat air beras untuk rambut?

    Faktanya, perawatan rambut ini sudah dikenal selama berabad-abad oleh budaya Asia. Semudah yang kamu bayangkan, caranya pun hanya dengan mencuci rambut menggunakan sisa air rendaman beras. Bahan makanan ini mengandung vitamin, mineral, dan inositol yang berfungsi untuk melembutkan, menebalkan, dan menumbuhkan rambut. Teori ini diperkuat oleh studi penelitian “International Journal of Cosmetic Science”, yang menyebutkan bahwa air beras mengurangi penipisan pada helaian rambut dan meningkatkan elastisitas rambut.




    @mistica.aa ✨INSTRUCTIONS ON HOW EXACTLY TO MAKE THE RICE WATER✨ #hairgrowth #hairtok #hair #feelinggood #fyp #foryou ♬ Pop Smoke candy shop - EZD



    Kavita Mariwalla, MD, FAAD, dermatologis bersertifikasi asal Amerika Serikat menjelaskan bahwa kandungan pati dalam beras bertindak seperti ‘pelapis’ folikel rambut yang membuatnya tampak berkilau secara instan. Lalu, apakah efek yang sama juga terjadi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut? Kemungkinan besar, tidak. Air beras bukan solusi utama untuk merawat rambut rontok. “Jika memiliki rontok yang ekstrim, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dermatologis, alih-alih melakukan perawatan home-remedies.”




    Bagaimana caranya?

    Okay, let’s get down to it! Siapkan setengah mangkuk beras, mangkuk beras, botol spray kosong, lalu ikuti langkah berikut ini:

    • - Cuci beras dengan air bersih hingga airnya berwarna seperti putih susu, pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.
    • - Masukkan ke dalam botol spray kosong
    • - Semprotkan ke kulit kepala secara merata, setelah keramas dengan menggunakan sampo.
    • - Diamkan selama 15 – 20 menit, seperti menggunakan hair mask.
    • - Bilas rambut hingga bersih. 


    Boleh digunakan untuk semua jenis rambut?

    Yes, perawatan air beras ini boleh digunakan untuk semua jenis rambut, khususnya jika kamu memiliki jenis rambut yang rusak, di-bleach, atau kering. Akan tetapi, pastikan kamu selalu membilas air beras sampai benar-benar bersih, karena residunya dapat menyumbat folikel rambut dan membuatnya tampak kusam. 


    (Kissy Aprilia, image: Taisiia Stupak, Spencer Davis on Unsplash)