Celebrity

Mengenal Suho, Leader EXO Penuh Pesona dan Multitalenta

  by: Redaksi       31/3/2022
  • Dalam industri k-pop, tentunya kita tahu bahwa setiap anggota memiliki posisi dalam grup, dan salah satunya adalah leader. Biasanya, anggota dengan posisi ini merupakan anggota tertua atau dianggap paling mumpuni sebagai perwakilan grup untuk menjadi juru bicara. Baik untuk para anggotanya, anggota kepada agensi, hingga di depan umum kala mengenalkan album atau lagu terbaru juga pidato singkat dalam penerimaan penghargaan di acara musik.

    Salah satu dari jajaran leader yang namanya sudah tak asing di telinga yakni Suho. Pria muda yang bernaung di bawah SM Entertainment ini juga seorang leader bagi grup kenamaan EXO dan sudah hampir memasuki satu dekade dari debutnya, lho!





    tumblr-pjo5psb-Mm-T1r0q8i2o3-540




    Nah, apa saja sih, yang harus kamu ketahui dari Suho? Ikuti Cosmo sampai selesai, ya!


    Tahukah kamu, Cosmo Babes, kalau Suho akan merilis mini-album baru!

    Tepat sebelum menjalani masa wajib militernya, leader EXO ini sempat merilis mini-album pertamanya bertajuk Self-Portrait. Album yang dimaksudkan sebagai pengganti lukisan di mana ia bisa menunjukkan dirinya sendiri, menunjukkan berbagai sisinya yang lain.



    Kini, setelah selesai menjalani wajib militer selama nyaris dua tahun, pria asal Seoul ini akan kembali menyapa penggemarnya melalui mini-album keduanya dengan judul "Grey Suit".

    Pada tanggal 14 Maret lalu, penyanyi tampan ini melakukan unggahan di media sosial, memberikan teaser pertama yang misterius. Seperti mini-album pertama yang disambut baik oleh penggemar, dirilisnya potret ini di media sosial pun mendulang tanya serta rasa penasaran. Bahkan, tidak sedikit penggemar membuat teori akan album Suho kali ini. Apakah kamu juga? Mari kita tunggu di 4 April ini!





    Bukan hanya pandai menyanyi, Suho juga pandai berakting di layar lebar dan panggung musikal.

    Dan, tak hanya sukses melalui album-albumnya bersama EXO maupun debut solonya. Pria muda dengan nama asli Kim Jun Myeon ini pun rupanya kerap dipuji akan kemampuannya berakting, baik di layar lebar, web-drama, hingga penampilan di panggung musikal. Beberapa sederet judulnya antara lain: To The Beautiful You (2012), Cameo (sebagai dirinya sendiri), Saving Santa (2013)  sebagai Bernard, Prime Minister and I (2014) sebagai Han Taewoong Michael, EXO Next Door (2015) sebagai dirinya sendiri, Glory Day / One Way Trip (2016) sebagai Jung Sangwoo, Star of the Universe (2017) sebagai So Woojoo, Student A/Middle School Girl A (2018) sebagai Hyun Jaehee, Rich Man (2018) sebagai Lee Yoochan, How Are U Bread (2020) sebagai Han Dowoo, dan The Present (선물) (2020) sebagai Oh Haneul.



    Tahukah kamu fakta menarik dari sepak terjang Suho dalam panggung musikal, Cosmo Babes? Rupanya, Suho pernah melakukan audisi untuk musikal berjudul "The Man Who Laughs" sebanyak 2 kali untuk 2 periode berbeda, lho! Jadi, meskipun ia baru membintangi 3 judul, penampilannya sudah 4 kali karena ada 1 judul musikal yang sama. Memang sulit tergantikan!




    Caranya direkrut SM Entertainment rupanya unik lho, Cosmo Babes!

    Bukan hanya pada bidang musikal saja yang membuat kita terpukau karena berhasil mempertahankan judul sama untuk 2 periode berbeda. Namun, ternyata cari SM Entertainment merekrut Suho pun punya cerita menarik. Sudah jadi rahasia umum bila cara agensi merekrut bukan hanya dari audisi yang bisa diikuti oleh siapa saja dengan syarat tertentu, tetapi juga dari street casting yang dilakukan oleh agensi untuk mendapatkan potensi berbakat. Nah, Suho rupanya jadi salah satu yang bergabung dengan agensinya melalui street casting ini!





    Menurut pengakuannya, Suho rupanya mendapatkan pengalaman street casting oleh pihak SM Entertainment saat menjadi volunteer di sekitaran sebuah acara pentas seni. Dari sana, ia diundang untuk mengikuti audisi, lalu lolos, dan voila! Kini bersinar dengan gemilang!





    Suho rupanya juga leader yang perhatian dan mendukung anggota dengan adil!

    Tak hanya berpartisipasi dalam promosi grupnya saja, tetapi Suho rupanya juga aktif lho, dalam mempromosikan aktivitas anggota grupnya. Dimulai dari mengantarkan wajib militer hingga mengunggah album per anggotanya yang telah melakukan debut solo maupun duo, Suho menunjukkan perhatiannya sebagai sosok kakak sekaligus teman yang baik.







    Tak hanya gemilang di dunia entertainment, Suho pun tengah melanjutkan pendidikannya. Wah!

    Bukan hanya prestasi sebagai penyanyi dan aktor saja yang patut diacungi jempol. Leader EXO ini nyatanya juga mementingkan pendidikannya. Yap



    Sempat mengenyam pendidikan di Korea National University of Arts – Majoring in Acting pada tahun 2009 hingga 2011, pemuda ini sempat memutuskan karena fokus lebih dulu dengan karirnya. Suho kemudian memutuskan untuk mengambil ulang pendidikannya di Kyung Hee Cyber University hingga selesai, bahkan tengah menempuh tingkat selanjutnya di Inha University (College of Humanities - Cultural Management), lho!






    Images: Dok. Instagram @kimjuncotton

    Teks: Saca F.