Better You

Recover From Your Mistakes—Now!

  by: Redaksi       3/4/2012
  • Setiap orang sudah pasti pernah melakukan kesalahan besar yang membuat mereka merasa sangat down, namun terus menyalahkan diri sebenarnya juga tidak akan membantu lho. “Merasa menderita atas kesalahan yang diperbuat hanya akan membuat Anda terjebak dalam kekhawatiran yang tidak berdasar,” jelas Holly Hazlett-Stevens, PhD, penulis Women Who Worry Too Much. So, akan lebih mudah bagi Anda untuk memaafkan diri dan move on seperti dengan melakukan tiga langkah berikut ini.

    Kenali Kesalahan Secara Objektif

    Sebelum Anda merasa dunia telah runtuh, coba deh tanya kepada diri Anda sendiri, “Apakah benar Anda tidak mungkin mengatasi masalah ini?” Well, ternyata dalam banyak kasus dampak dari kesalahan yang diperbuat tidak separah yang Anda bayangkan kok. Tapi jika memang ada seseorang yang merasa dirugikan akibat perbuatan Anda, pahami perasaannya dan minta maaflah dengan jujur.

    Lihat Gambaran Besar Kehidupan Anda

    Hanya karena Anda melakukan sebuah kesalahan bukan berati orang lain tidak pernah melakukan kesalahan yang serupa—atau bahkan lebih parah. Apalagi sebenarnya orang lain tak akan terlalu fokus pada satu atau dua kesalahan Anda, tapi lebih ke the big picture. So, akan lebih baik lho kalau Anda lebih memfokuskan diri ke memperbaiki citra secara keseluruhan, daripada terus berkutat pada satu atau dua kesalahan saja.

    Coba Ingat Bagaimana Menghadapi Kesalahan yang Lalu



    Ingat-ingat kembali kesalahan yang pernah Anda buat di masa lalu. Berapa lama rasa malu tersebut berlalu sampai akhirnya Anda melupakannya begitu saja? Kemungkinan besar Anda akan melupakannya dengan sangat cepat—yang berarti dampak dari kesalahan kali ini juga akan lebih cepat berlalu, ladies..



    (Calvin Hidayat/SL/Gambar: Dok.Google)