Better You

5 Makanan untuk Tidur Lebih Nyenyak

  by: Redaksi       18/4/2012
  • Ketika Anda kekurangan tidur, biasanya tubuh akan mulai “bernyanyi”. All you need to do is listen closely. Bila Anda merasa kondisi tubuh kurang baik, mood naik turun bak yoyo, lesu, jantung kerap deg-degan, dan berat badan mulai naik—yup, itu adalah alarm tubuh yang meminta Anda untuk melanjutkan tidur.

    Bisa jadi, kesibukan kerja atau kebiasaan tidur larut malam menjadi penyebab akhir-akhir ini waktu tidur Anda berkurang. Tapi dengan semua potensi negatif yang dapat timbul—dont take the risk, dear! Cosmo akan membantu Anda mengatur kembali pola tidur dengan pilihan menu makanan berikut ini..

    Peanut Butter



    Pendamping roti yang biasa digunakan untuk sarapan ini memang dapat mengakibatkan kegemukan. Tapi kalau Anda mampu mengatur konsumsinya, hal itu tidak akan terjadi. Coba konsumsi selai kacang pada malam hari sebelum Anda tidur. Kandungan niasin yang ada pada selai kacang dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh yang dipercaya mampu menyalurkan perasaan nyaman dan senang.

    Warm Milk

    Secara teori, para ahli berspekulasi bahwa tryptophan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi mengantuk berkat melatonin yang dilepaskan. Khasiat lainnya adalah susu dapat menghangatkan badan, sehingga otot Anda pun akan menjadi lebih rileks.

    Grapes



    Saat Anda mengalami insomnia, tubuh Anda hanya memiliki sedikit hormon melatonin. Padahal, hormon ini sangat berfungsi untuk mengatur jam biologis tubuh Anda. Akibat kekurangan inilah jelas jam biologis Anda jadi tidak teratur dan Anda pun merasa sulit sekali untuk beristirahat. The go-to fruit? Anggur, yang bisa menjadi solusi paling tepat untuk memenuhi kekurangan hormon melatonin di tubuh.

    Oatmeal

    Terbangun tengah malam dengan perut keroncongan, dan setelahnya sulit untuk tidur lagi? Jangan pernah ambil risiko memaksakan tidur dengan perut kelaparan. Coba deh konsumsi oatmeal. Dengan sifatnya yang begitu lambat saat dicerna, oatmeal akan menutupi kebutuhan karbohidrat Anda.

    Cottage Cheese

    Tidak seperti keju lainnya, cottage cheese tidak basah dan rasanya juga lebih lembut. Dengan kandungan asam amino tryptophan yang ikut memengaruhi produksi serotonin dalam tubuh, cottage cheese menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu tidur Anda lebih nyenyak. Sweet dreams, ladies! (Muhamad Muktar/SL/Image:iStockPhoto/Thinkstock)