Career

Budgeting Tips for Big Expenses

  by: Redaksi       1/4/2013
  • Anda mungkin sedang punya rencana untuk berlibur atau membeli sesuatu yang memerlukan biaya besar. Hold on right there, dear. Sebelum menggelontorkan dana besar-besaran, sebaiknya simak tip dari Cosmo berikut ini agar keuangan Anda tetap stabil.

    Rencanakan Jauh-Jauh Hari
    Seberapa besar pun biaya yang rencananya akan Anda keluarkan, akan lebih baik kalau Anda merencanakannya terlebih dahulu dari jauh hari, dan bukannya langsung mengeluarkannya saat itu juga tanpa pikir panjang. Perencanaan yang matang akan membantu Anda mengatur arus keuangan dalam mengantisipasi pengeluaran besar ini. Anda juga bisa meminimalkan biaya, misalnya membeli tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya saat promo akan lebih murah daripada membeli secara mendadak.

    Menabunglah
    Yes, as we plan for our big expenses, tidak ada salahnya kan Anda menabung untuk itu. Pisahkan tabungan untuk keperluan yang satu ini dengan rekening Anda yang menyimpan biaya hidup sehari-hari. Cari tempat penyimpanan terbaik dengan potongan minimum atau bunga tinggi—kalau bisa dua-duanya akan lebih baik lagi.



    Tabungan Darurat
    Selagi Anda menyisishkan gaji untuk keperluan besar yang sudah direncanakan, jangan sampai melupakan tabungan 'darurat' yang juga sangat penting ini. Tabungan darurat fungsinya untuk menopang kehidupan Anda di saat-saat darurat, misalnya saat berhenti kerja dan belum punya pekerjaan baru. Jadi, tetap rutin menabung untuk yang satu ini ya dear.



    Jangan Pakai Credit Card
    Untuk kali ini, lupakan credit card Anda. Kalau bisa, biaya yang Anda butuhkan dalam pengeluaran spesial ini berasal dari tabungan yang telah anda siapkan jauh sebelumnya. Itulah gunanaya Anda menabung, bukan? Percayalah, menggunakan credit card hanya akan mempersulit hidup Anda ke depannya.  (Amanda Utari/IR/Image: Photos.com/ThinkStock)