Better You

THE MILK TEETH STORY (BAGIAN 1)

  by: Hagi       23/4/2013
  • Siapa sangka, proses tumbuh gigi pertama akan membawa sejuta cerita baru, baik untuk ibu maupun Si Kecil? Ini dia kiat mengatasi beberapa masalah ketika gigi susu mungilnya mulai muncul.

    Salah satu hal yang ditunggu dalam masa pertumbuhan bayi adalah pertumbuhan gigi. Waktu tumbuh gigi pada tiap bayi bervariasi, rata-rata gigi pertama akan 'datang' saat umur buah hati Anda 4-6 bulan. Namun, ingat, Moms, setiap bayi adalah invididu  berbeda. Memang ada yang tumbuh dengan cepat di usia tiga bulan, tapi ada juga yang baru tumbuh giginya ketika memasuki usia setahun.

    Biasanya gigi pertama yang tumbuh adalah dua gigi seri bagian bawah lalu disusul dua gigi seri bagian atas. Sedangkan gigi terakhir yang tumbuh adalah geraham belakang atas dan bawah, yang biasanya akan muncul saat usia Si Kecil 24 bulan. Nah, gigi susu akan menjadi lengkap saat anak Anda berusia 36 bulan, jumlahnya ada 20 buah. Gigi susu ini akan bertahan dan nantinya akan ganti dengan gigi permanen saat anak mulai berusia enam tahun.



    Mommy, I’m drooling, A LOT!
    Salah satu ciri bayi Anda akan tumbuh gigi adalah berliur. Liur berlebih ini sebetulnya merupakan reaksi tubuh untuk ‘menenangkan’ si gusi yang sedang tidak nyaman karena akan terkoyak oleh gigi yang mau keluar. Produksi liur berlebih ini tidak bisa dihindari. Siapkan handuk kecil atau jika perlu kenakan slabber bib pada bayi Anda. Jangan lupa selalu bersihkan liur di sekitar mulut, jangan sampai didiamkan terlalu lama, karena jika bayi Anda memiliki kulit sensitif, it can lead to a facial rash.

    Ciri lain adalah gusi yang membengkak dan nyeri. Coba lihat dan raba dengan lembut menggunakan jari telunjuk. Setiap bayi memiliki sensitivitas yang berbeda, sifatnya individual. Bagi bayi yang pain tolerance tinggi, mungkin tidak akan bereaksi ketika Anda raba gusinya yang bengkak. Ini juga memungkinkan Anda tidak terlalu repot dengan proses tumbuh gigi Si Bayi kecuali liur berlebih tadi. Tapi jika bayi Anda merupakan bayi sensitif, ia akan bereaksi ketika gusi bengkaknya tersentuh, bisa meronta atau menangis. Sabar, ya , Moms!



    Bite, Bite, Bite!
    Selain dua ciri tadi, jika bayi Anda terlihat sering menggigit-gigit benda di sekitarnya atau jarinya, kemudian menolak atau memilih makanan, kemungkinan giginya mau tumbuh. Gusi yang terasa aneh dan gatal membuat bayi sering menggigit sebagai salah satu cara untuk menghilangkan rasa tersebut. Solusinya adalah dengan memberi teether kesukaannya. Jika berisi air, masukkan dulu teether ke dalam kulkas selama 30-45 menit, agar memberikan sensasi dingin di gusi. Ini bisa meredakan rasa yang kurang nyaman. Jika bayi Anda menolak teether dan usianya lebih dari enam bulan, buatkan ia es loli dari ASIP atau sari buah, agar bisa dihisap dan digigit dengan aman.

    Selain itu, karena gusi terasa tidak nyaman, biasanya bayi suka menolak makanan yang ditawarkan. Sama seperti Anda, kan? Jika sakit gigi, pasti malas makan. Berikan finger food yang aman, seperti biskuit khusus untuk teething. Anda bisa mencoba Heinz Teething Rusk, atau berikan sayuran potong. Potong sayuran (wortel, buncis, brokoli, dan lainnya) seperti korek api, rebus, dan jika sudah matang, masukkan dulu ke lemari es agar dingin sebelum disajikan. Makanan yang terlalu lembut juga terkadang membuat ia kesal karena tidak bisa digigit padahal gusinya sedang gatal. Tinggalkan saringan, grinder, atau food processor. Gunakan garpu untuk menghaluskan makanannya agar masih ada sensasi kasar dan bisa dikunyah sedikit, tetap awasi sewaktu makan agar terhindar dari bahaya tersedak. Let your baby bite and chew to soothe his gums.

    My Baby Can’t Sleep!
    Salah satu hal yang paling menggangu dari proses tumbuh gigi ini adalah bayi menjadi susah tidur. Rasa nyeri dan gatal di gusi ternyata mengganggu kenyamanan tidur Si Bayi. Salah satu cara menenangkan adalah dengan menyusui. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jari yang bersih atau kain tipis yang basah (gunakan air dingin untuk membasahi kain jika perlu) untuk memijat gusi tempat si gigi akan tumbuh. Mungkin awalnya, bayi akan menolak, terus pijat perlahan sampai bayi merasa nyaman. Saat ini juga sudah banyak teething gel yang aman untuk menenangkan gusi yang tidak nyaman. Berikan tipis pada gusi jika bayi terlihat sangat terganggu karena kesakitan. (Sazkia Ghazi/Image: Dok. Cosmo Preganncy)