Better You

Memprediksi Penyakit Lewat Mata

  by: Adya Azka       29/4/2014
  • Mata biasanya digunakan untuk melihat kejujuran atau menerka perasaan seseorang. Namun kali ini, Cosmo akan membiarkan mata Anda berbicara mengenai kesehatan. Yup dear, ternyata lima tanda-tanda berikut di kedua mata bisa mendeteksi beberapa penyakit lho.

    Lingkaran Abu
    Saat bercermin dan menemukan lingkaran abu di sekeliling kornea mata, hati-hati dear. Lingkaran abu tersebut dapat menunjukan kadar kolesterol atau trigliserida yang tinggi dalam tubuh Anda. Untuk memastikannya, Anda dapat melakukan cek darah dan diet sehat untuk menurunkan kadar kolesterol.

    Mata Kering dan Sensitif
    Lumrah sebenarnya jika seseorang pernah merasakan mata kering dan sensitif terhadap cahaya. Namun, jika hal ini terjadi secara berkelanjutan, bisa jadi Anda mengidap penyakit Sjogren. Penyakit autoimun ini disebabkan oleh sel darah putih yang menyerang kelenjar kelembapan pada mata.



    Mata Merah
    Mata merah di sini tentu saja bukan akibat terkena debu. Saat pembuluh darah di retina meregang dan mungkin saja pecah, hal tersebut dapat menandakan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Sadari ini sedini mungkin untuk mengurangi risiko yang lebih besar. Olahraga secara rutin dan mengurangi konsumsi garam bisa jadi salah satu cara sederhana untuk menurunkan tekanan darah Anda.



    Perbedaan Ukuran Pupil
    Pupil berfungsi untuk menerima cahaya agar Anda dapat melihat dengan jelas. Maka tak heran jika ukuran pupil akan membesar dengan sendirinya saat Anda berada di dalam ruangan yang gelap. Lalu apa jadinya jika pupil memiliki ukuran yang berbeda? Ternyata, inilah salah satu tanda yang menunjukan jika seseorang terkena stroke atau pembengkakan pembuluh otak. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci.

    Pembuluh Darah Bengkak
    Penyakit diabetes ternyata dapat dideteksi dari mata lho. Cirinya, pembuluh darah mata yang terlihat lebih jelas daripada biasanya. Jika dibiarkan, salah satu dampak terparah adalah ketika penyakit ini merusak saraf mata dan menyebabkan kebutaan. Nah ladies, mulai saat ini jangan sepelekan setiap perubahan pada mata Anda ya. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)

    tags: mata, kesehatan, cek