Beauty

6 Hal Tak Terduga Penyebab Penuaan Kulit

  by: Ainjia Phioltia Paat       1/4/2015
  • Ternyata banyak hal-hal sepele yang menyebabkan kulit kita jadi tampak lebih tua. Simak apa saja hal tersebut!


    1. Membersihkan kulit secara berlebihan.
    Kulit yang kesat memang terasa bersih, namun itu juga berarti Anda telah menghilangkan minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit dan menjaganya tetap kenyal. Untuk kulit kering/sangat kering cukup bersihkan kulit sekali sehari saja di waktu malam, sedangkan untuk kulit kombinasi ataupun berminyak bisa dibersihkan pagi dan malam dengan pembersih lembut.
    2. Menggunakan produk perawatan dengan gerakan dari atas ke bawah.
    Kulit secara alami akan makin mengendur, dan jika tiap hari ditarik dari atas ke bawah saat membersihkan dan melembapkan maka hal ini akan mempercepat pengendurannya, bahkan mempercepat timbulnya kerutan terutama sekitar mata. Saat Anda membersihkan maupun melembapkan wajah ingatlah untuk melakukannya dengan gerakan dari bawah ke atas, dari dagu ke arah dahi.
    3. Tak menggunakan tabir surya.
    Tahukah Anda, walaupun Anda hanya terpapar matahari selama 5- 10 menit saja tanpa tabir surya itu sudah cukup untuk merusak sel-sel kulit? Tak hanya merusak sel-sel kulit dan tanda-tanda penuaan berupa kulit kering, berkerut dan bernoda saja, tapi juga sangat berpotensi untuk mempertinggi resiko timbulnya kanker kulit!
    4. Tak menjaga postur tubuh yang baik.
    Seringkali tanpa sadar Anda duduk membungkuk di kursi dengan dagu yang disandarkan di telapak tangan. Postur tubuh yang buruk seperti itu tak hanya akan membuat punggung jadi bungkuk serta pegal di leher tapi juga membuat kulit seputar dagu kendur dan berkerut. Begitu halnya dengan menundukkan kepala saat membaca atau bekerja. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama maka beban yang timbul di leher akan membebani juga kulit seputar dagu dan mengakibatkan kendur dan kerut.
    5. Minum dengan sedotan.
    Hal yang sangat sepele ini ternyata jika sering dilakukan akan berakibat buruk pada kulit, karena saat Anda memajukan bibir itu akan mengakibatkan timbulnya garis kerut di seputar bibir dan di sisi kanan dan kiri bibir.
    6. Tak berolahraga teratur.
    Berolahraga akan meningkatkan aliran darah ke kulit, mengakibatkan kulit terlihat dan terasa lebih sehat. Yayasan Jantung Amerika (American Heart Associates) menganjurkan untuk melakukan kegiatan aerobik dengan intensitas sedang selama 30 menit, atau 25 menit untuk intensitas tinggi dan dilakukan setidaknya tiga kali seminggu. Semua jenis olahraga mulai dari yoga, spinning dengan sepeda statis, jogging, atau Zumba, dijamin akan memberi efek positif bagi kulit.


    (Ardi S./AP/Image: various)