Better You

5 Makanan dan Minuman yang Dihindari Sebelum Tidur

  by: Adya Azka       1/4/2015
  • Ladies, Cosmo setuju tidur yang cukup penting bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat dapat mengganggu tidur nyenyak Anda. CEO National Sleep Foundation, Russell Rosenberg, Ph.D., mengungkapkan beberapa makanan dan minuman berikut harus dihindari sebelum tidur.

    Alkohol
    Meminum alkohol sebelum Anda tidur adalah keputusan yang buruk. Alkohol akan mempercepat metabolisme tubuh dan menyebabkan Anda terbangun beberapa kali di malam hari. Sebuah studi menemukan wanita yang meminum segelas bourbon atau vodka dicampur dengan soda bebas kafein akan membuatnya terjaga lebih lama 15 menit. Selain itu, alkohol dapat membuat Anda mendengkur saat tidur.

    Soda
    Bahkan, soda sebenarnya lebih asam daripada apa pun yang ditemukan di alam. Minuman yang asam dapat menganggu tubuh untuk beristirahat. Selain itu, kandungan karbonat dalam soda juga dapat meningkatkan tekanan dalam perut. Sehingga Anda akan merasa tidak nyaman sebelum tidur.



    Dark Chocolate
    Dark chocolate mungkin menjadi pilihan ketika Anda merasa lapar sebelum tidur. Padahal mengonsumsi coklat sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Seperti kopi, coklat memiliki kandungan kafein. Selain itu, coklat juga mengandung theobromine, stimulan lain yang dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda sulit tidur.



    Makanan Pedas
    Berencana mengonsumsi makanan yang pedas sebelum tidur? Anda mungkin harus berpikir ulang. Sebuah studi yang dilakukan di Australia menemukan seseorang yang menuangkan saus Tabasco atau saus sambal pada makan malamnya mengalami kesulitan tidur. Selain itu, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas juga dapat membuat perut mulas.

    Ayam
    Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi saat makan malam dapat mengganggu tidur Anda. Saat tidur pencernaan seharusnya melambat sekitar 50% tetapi makanan tinggi protein justru membuat pencernaan Anda bekerja lebih keras. Alih-alih berfokus pada tidur, tubuh justru akan terfokus pada mencerna makanan. (Hana Devarianti/SW/Image: various)

    tags: tidur, coklat, ayam, pedas