Better You

5 Pikiran Positif untuk Transformasi Tubuh Sehat

  by: Redaksi       1/4/2015
  • Siapa bilang tubuh sehat hanya dari latihan fisik saja? Buktinya berbagai pikiran positif juga dapat menyehatkan tubuh lho.

    Optimis



    Jika biasanya Anda hanya mengaitkan optimis dengan visi misi hidup, kini Anda akan lebih termotivasi untuk optimis ketika tahu sikap tersebut dapat membuat tubuh sehat. Why? Emosi positif yang terkandung dalam sikap optimis dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit, dear. Hal ini pun telah dibuktikan dengan beberapa penelitian di Amerika.

    Rasa Kagum

    Berdasarkan penelitian dari University of California di Berkeley, rasa kagum tidak hanya menimbulkan perasaan senang, melainkan juga menyeimbangkan tingkat sitokine. Sitokin adalah partikel protein yang mengatur sistem imun dan inflamasi dalam tubuh. Cukup dengan mengagumi panorama yang indah saja, Anda sudah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, Alzheimer, dan depresi.

    Rasa Syukur

    Rasa kagum mengandung perasaan bahagia yang sekaligus dapat meningkatkan system imun Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika Anda sering mengungkapkan rasa bersyukur, maka Anda akan lebih tenang sehingga kualitas tidur pun menjadi lebih baik.



    Peduli

    Seperti yang Cosmo lansir dari Barbara Frederickson, psikolog, ketika Anda menunjukkan rasa peduli, syaraf vagus yang menyambungkan jantung ke otak dapat lebih stabil. Hal ini sekaligus memengaruhi tingkat emosi Anda, lho.

    Cinta Diri Sendiri

    Apa yang Anda rasakan ketika melakukan me-time? Senang bukan? Yup, inilah yang membuat tubuh Anda pun akan tersugesti sehat. Pasalnya, rasa gembira dapat menjauhkan diri dari depresi selain menyehatkan jantung. (Aulia Meidiska/VP/Image: Alliance/iStock/Thinkstock)