Better You

8 Risiko Tidur Terlalu Lama

  by: Redaksi       6/4/2015
  • Yap, ternyata tidur terlalu lama juga dapat menimbulkan risiko kesehatan. Idealnya, orang dewasa memerlukan tidur 7 - 9 jam per hari. Namun jika Anda tidur lebih dari itu setiap hari, maka penyakit di bawah ini dapat “menghampiri” Anda.

    Sakit Kepala

     Bagi Anda yang rentan terhadap sakit kepala, tidur lebih lama dari biasanya pada akhir pekan atau liburan dapat menyebabkan sakit kepala, lho. Selain itu, orang yang tidur terlalu banyak di siang hari dan mengacaukan pola tidur malamnya juga dapat menimbulkan sakit kepala di pagi hari.



    Sakit Punggung

    Laporan dari Health Guidance mengatakan adanya hubungan antara sakit punggung dan tidur berlebihan. Semakin lama durasi tidur, semakin besar risiko tulang belakang Anda berpindah ke posisi berbahaya yang dapat menyebabkan sakit punggung.

    Obesitas

    Ladies, tidur terlalu sebentar maupun terlalu lama dapat membuat Anda “mengembang”. Sebuah penelitan menunjukkan bahwa tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko obesitas sebanyak 21% selama periode enam tahun. Yang menyeramkan, risiko tersebut tetap ada meskipun Anda telah mengendalikan asupan makan dan melakukan berbagai aktivitas fisik.

    Depresi

    Meski lebih sering dikaitkan dengan insomnia, depresi juga dapat terjadi pada orang yang tidur terlalu lama. Studi pada tahun 2014 mengatakan bahwa tidur lebih dari 9 jam dapat meningkatkan risiko depresi hingga 49%. Bahkan, tidur terlalu banyak dapat menganggu proses penyembuhan depresi. Ini karena memiliki jam tidur yang teratur sangat penting selama proses penyembuhan.

    Diabetes



    Dalam sebuah studi pada hampir 9ribu orang Amerika, peneliti menemukan adanya hubungan antara tidur dan risiko diabetes. Orang-orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam memiliki risiko 50% lebih besar menderita diabetes daripada orang yang tidur 7 jam per malam. Hal ini karena tidur terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang meningkatkan kemungkinan Anda terkena diabetes.

    Penyakit Jantung

    Tidur terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, lho. Penelitian yang dilakukan oleh The Nurses' Health Study mengatakan wanita yang tidur 9 - 11 jam memiliki risiko higga 38% lebih besar menderita penyakit jantung koroner daripada wanita yang tidur 8 jam.

    Mengurangi Fungsi Otak

    Peneliti menemukan adanya hubungan antara penurunan kemampuan kognitif dengan durasi tidur. Yap, tidur terlalu lama dapat mengurangi fungsi otak terutama dalam kemampuan untuk mengingat. Ini karena tidur terlalu lama dapat membuat tidur Anda tidak berkualitas. Selain itu, tidur terlalu lama juga menjadi tanda-tanda awal dari penyakit Alzheimer.

    Kematian

    Meski sulit untuk dipercaya, tidur berlebihan dapat menyebabkan kematian. Beberapa studi telah menemukan bahwa orang yang tidur 9 jam atau lebih pada malam hari memiliki tingkat kematian lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur 7 - 8 jam semalam. Bahkan, mereka yang tidur kurang dari 5 jam memiliki rentang hidup lebih lama daripada mereka yang tidur lebih dari 9 jam. (Hana Devarianti/IR/Image: vadimguzhva/iStock/Thinkstock)



    tags: 8, risiko, tidur, terlalu, lama