Lifestyle

Wanita Kurus Tak Lagi “In Fashion” di Prancis

  by: Redaksi       7/4/2015
  • A change is coming, ladies! Bila selama ini Anda merasa tampilan para model di majalah-majalah fashion kesayangan Anda tidak “realistis” lantaran terlalu kurus, well, you’re not the only one. Baru-baru ini pemerintah Prancis—mengikuti Spanyol dan Itali—mengeluarkan aturan yang melarang industri fashion untuk menggunakan model yang super kurus di majalah atau fashion shows.

    Bila melanggar aturan ini sang pelanggar akan dikenakan denda sebesar Euro 75000 (atau US$82000) dan ancaman penjara selama 6 bulan. And there’s more! Bila sebuah majalah ketahuan melakukan retouch berlebihan pada tubuh model maka tindakan itupun akan dikenakan denda sebesar Euro 37500.

    Jelas ini adalah keputusan yang cukup menggegerkan mengingat Prancis merupakan salah satu pusat mode dunia. But it’ll definitely be a positive change: Menurut standar WHO, Body Mass Index (BMI) sebesar 17 saja sudah dikategorikan severely malnourish, sementara rata-rata BMI para working models di di sana adalah 16 (dengan tinggi 175 cm dan berat 50kg)!





    Tentu saja keputusan tersebut diprotes oleh para agensi modeling di Prancis. “Memang sangat penting memiliki model yang tampak sehat, tapi terlalu simpel untuk menyembuhkan potensi anoreksia hanya dengan menghilangkan para model yang superkurus,” ujar Isabelle Saint-Felix, pimpinan perserikatan agensi modeling di Prancis. Well, what do you think, ladies? (Sahiri Loing / SW / Image: various)