Better You

Gigi Lebih Sempurna dengan Teknik Oil-Pulling

  by: Redaksi       8/4/2015
  • Do you know, kumur-kumur dengan mouthwash sebenarnya berpotensi membunuh bakteri yang baik pada mulut? Well, ada cara lebih natural yang telah jadi bagian dari ritual Ayurvedic di India sejak dahulu kala bernama oil pulling, yaitu membersihkan mulut dengan minyak. Sebelum Anda bilang, “Eww, apa itu?”, baca dulu beberapa fakta berikut ini.

    Tidak Bunuh Bakteri Baik

    Seperti Cosmo telah sebut sebelumnya, kandungan kimia pada mouthwash berpotensi membunuh good bacterias hingga membuat gigi rentan terkena infeksi. Hal tersebut jelas tidak akan terjadi pada oil pulling lantaran kandungannya yang alami. It requires patience, though—tiap pagi Anda mesti kumur-kumur dengan minyak pilihan Anda selama 20 menit! Memang ribet tapi jelas benefit yang Anda dapatkan sangat besar.

    Gigi Lebih Indah

    So what are the benefits? Cosmo telah mempraktikkannya sendiri: Gigi terasa lebih bersih, tampak lebih putih, dan better breath. Namun manfaatnya masih banyak lho. Oil pulling dikatakan ampuh mengurangi plak gigi, mencegah lubang, memperkuat gigi dan gusi, bahkan mengatasi problem pada liver dan mengurangi sakit kepala! Ini dikarenakan berkumur dengan minyak dapat menyerap toksin pada mulut maupun tubuh. Amazing, huh?



    Minyak Apa?

    Pada dasarnya Anda bisa menggunakan minyak apapun, but Cosmo’s favorite is virgin coconut oil. Minyak kelapa mengandung lebih banyak vitamin E (sebagai antioksidan) dan D (untuk kesehatan gigi), serta memiliki properti antibakterial dan antifungal. Tapi bila Anda prefer minyak olive atau sunflower, then go for it.



    Caranya?

    Okay, are you hooked on trying it yet? Berikut caranya: Tiap pagi sebelum sarapan berkumurlah dengan satu sendok makan coconut oil selama 15 – 20 menit. Setelah selesai buang minyak ke plastik sampah atau toilet lantaran minyak kelapa berpotensi menyumbat saluran air kitchen sink; lalu berkumurlah dengan air hangat dan akhiri dengan menggosok gigi. Beauty takes time, ladies! (Sahiri Loing / SW / Image: shvili / iStock / Thinkstock)