Beauty

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit

  by: Ainjia Phioltia Paat       10/4/2015
  • Jangan tertipu dengan aromanya yang menyengat, karena cuka apel (apple cider vinegar) ini punya beragam manfaat baik untuk kulit wajah Anda!

    1. Untuk mempertahankan tampilan kulit wajah dan elastisitasnya, coba konsumsi cuka apel secara rutin setiap hari. Cukup campurkan 1 sendok teh cuka apel ke dalam 1 gelas air putih. Kandungan betakaroten yang terdapat di dalamnya akan membantu melawan kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas!

    2. Jika kulit terbakar sinar mentari, coba aplikasikan setengah cangkir cuka apel yang sudah dicampur dengan 4 cangkir air. Celupkan handuk atau kain ke dalam cairan tersebut, lalu kompres pada area kulit yang terbakar.



    3. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti toner dengan cara menuangkan cuka apel di kapas, dan aplikasikan pada bagian yang bermasalah. Cara ini juga mampu menyamarkan noda hitam, menyerap kelebihan minyak pada wajah, serta meredakan kulit yang meradang karena jerawat.

    4. Karena mengandung anti-jamur alami, coba atasi kulit kepala yang berketombe dengan mencampurkan cuka apel ke dalam air (perbandingan 1:1). Aplikasikan pada kulit kepala dengan pijatan lembut sebelum Anda mencuci rambut dengan sampo. Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa mencampur sedikit cuka apel dengan sampo saat mencuci rambut.



    5. Punya masalah dengan bau kaki? Coba rendam kaki ke dalam campuran cuka apel dengan air (perbandingan 1:4) selama kurang lebih 10-15 menit. Kandungan antiseptik pada cuka apel ini dipercaya mampu mengeliminasi bakteri yang penyebab kaki menjadi bau.

    (A. Joharman/AP/Image: various)