Beauty

5 Benda di Sekitar Anda yang Dapat Memancing Jerawat

  by: Ainjia Phioltia Paat       14/4/2015
  • Sudah rajin membersihkan wajah dan mengenakan pelembap anti-acne namun masih saja dihinggapi bintil-bintil menyebalkan itu? Mungkin kesalahan ada pada benda-benda di bawah ini!

    1. Layar Handphone
    Penelitian dari Stanford University menyatakan bahwa bakteri pada layar touchscreen di smartphone Anda 18 kali lebih banyak dibanding pada tombol flush wc umum. Hmm.. Sebabnya, tangan dan jemari Anda juga kerap kali bersentuhan dengan berbagai biang bakteri seperi keyboard, gagang pintu, atau tombol lampu sebelum atau sesudah menyentuh layar smartphone Anda. Bakteri-bakteri tersebut bolak-balik berpindah dari jari dan touchscreen, dan ikut menempel saat Anda menyentuh wajah, menggaruk atau menempelkan telinga saat menerima telepon. Ew! Saran Cosmo: Bersihkan layar touchscreen Anda dengan spray khusus dan selalu gunakan hand sanitizer bila tak sempat mencuci tangan.

    2. Sarung Bantal
    Sarung bantal yang lama tak dicuci adalah tempat yang nyaman untuk bakteria, tungau debu, dan mikroba lainnya untuk berkembang biak. Apalagi bila Anda tidur dengan rambut basah atau tubuh dan muka berkeringat. Saran Cosmo: Cuci sarung bantal dan seprei Anda 1 minggu sekali dan biasakan tidur terlentang.



    3. Makeup
    Bakteri yang ada pada tangan, jari, dan wajah akan menempel pada makeup saat Anda mengenakannya. Saran Cosmo: Cuci tangan sebelum mengenakan makeup dan hindari bertukar makeup. Untuk liquid foundation, tuang pada punggung tangan atau kuas saat mau digunakan. Hindari menyentuh mulut botol atau tube dengan jari Anda. Bersihkan kuas makeup tiap minggu dan untuk saat darurat dimana Anda tak punya waktu untuk mencuci, seka dengan alkohol.

    4. Meja Kantor
    Apakah Anda tahu? Meja kerja mengandung 400 kali lipat bakteri dibanding kloset wc hanya karena kebanyakan orang tak membersihkan meja kerja mereka secara rutin. Tak hanya mampu mengundang jerawat di wajah, bakteri pada meja kantor Anda juga dapat menularkan flu! Saran Cosmo: Bersihkan meja kantor dengan tisu disinfektan secara rutin, rajin cuci tangan dengan air hangat dan sabun atau hand sanitizer dan hindari menyentuh wajah.




    5. Alat Gym
    Tak hanya menimbulkan jerawat, lingkungan gym juga dapat menimbulkan infeksi pada kulit, seperti ruam gatal di antara jari kaki, atau candida, ruam merah dan gatal yang timbul di lipatan kulit seperti selangakangan atau ketiak. Saran Cosmo: Cuci muka sebelum dan setelah workout, gunakan handuk pribadi, dan selalu mandi setelah sesi olahraga Anda.

    Tip tambahan: Acne atau jerawat tak hanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan kulit namun banyak juga diakibatkan oleh seringnya Anda menyentuh wajah dengan jemari dan tangan yang kotor dan memencet jerawat, yang memancing bakteri. So, hands off, ladies!

    (Ainjia Paat/Image: bbc.co.uk)