Career

Tip Memilih Asuransi Kebakaran Rumah

  by: Redaksi       19/4/2015
  • Sebagai salah satu aset berharga, sangat penting untuk memiliki asuransi kebakaran perlindungan rumah. Berikut Cosmo berikan lima tip dalam memilih asuransi kebakaran rumah.

    Lakukan Perbandingan

    Coba cari tahu sebanyak mungkin nama perusahaan yang menawarkan asuransi properti, khususnya kebakaran agar Anda dapat dengan mudah melakukan perbandingan. Untuk menghemat waktu, biaya, juga tenaga, sebaiknya lakukanlah perbandingan secara online dan Anda pun dapat berkonsultasi gratis melalui website perusahaan tersebut.



    Cek Keresmian Perusahaan Asuransi

    Lakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Cari tahu apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di lembaga keuangan resmi atau tidak, seperti Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

    Ketahui Jaminan

    Cari informasi tentang apa saja yang akan dilindungi oleh perusahaan asuransi pilihan Anda. Tanyakan bagaimana perusahaan asuransi tersebut memandang terjadinya risiko kebakaran seperti arus pendek, sambaran petir, atau ledakan. Dengan begitu Anda pun akan lebih jelas mengetahui risiko mana yang memang dijamin oleh perusahan asuransi tersebut.



    Proses Klaim

    Cobalah untuk bertanya secara detail tentang prosedur klaim yang berlaku di setiap perusahaan yang menyediakan asuransi rumah. Pastikan bila nantinya Anda tidak merasa kesulitan dalam pengurusan klaim ketika risiko yang tidak diinginkan terjadi.

    Nilai Pertanggungan

    Jangan lupa memperhitungkan nilai pertanggungan, di mana nilai pertanggungan ini adalah nominal yang akan Anda terima saat klaim. Perhitungan harus cermat sesuai dengan lamanya kontrak asuransi. Jangan sampai setelah menerima uang pertanggungan, Anda tidak bisa membiayai pembangunan rumah karena kebakaran. (Salli Sabarrang / VP / Image: doc. Yuri Arcurs / Hemera / Thinkstock)