Career

5 Hal yang Harus Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

  by: Redaksi       15/4/2015
  • Saat interviewer mengatakan, “Apakah ada yang ditanyakan tentang perusahaan ini?” sebagian besar dari Anda mungkin akan bingung menjawabnya. Padahal bertanya saat wawancara kerja menunjukkan rasa tertarik pada perusahaan tersebut. Tidak jarang pertanyaan yang cerdas dapat membantu Anda mendapatkan jabatan yang diinginkan. Inilah beberapa pernyataan yang harus diajukan saat sedang wawancara kerja.

    “Seperti apa kultur kerja di sini?”

    Mengetahui kultur kerja dari sebuah perusahaan sangatlah penting. Kultur kerja perusahaan akan menggambarkan nilai, prinsip, hingga kebiasaan yang ada. Dengan menanyakan terlebih dahulu kultur kerja, diharapkan Anda tidak akan mengalami culture shock saat diterima di perusahaan tersebut. Hal ini akan mempercepat proses adaptasi sehingga Anda dapat segera bekerja maksimal.  

    “Apa yang paling Anda sukai saat bekerja di sini?”

    Pertanyaan ini bukan untuk kepo atau sok ingin tahu tentang pendapat interviewer, lho. Anda memang harus mengetahui hal yang disukai oleh user atau manajer yang akan mengawasi kinerja selama bekerja di perusahaan. Pertanyaan ini akan menunjukkan apakah user memiliki nilai dan pandangan yang sama dengan Anda. Memiliki atasan yang cocok tentu akan membuat Anda merasa nyaman selama bekerja, kan?

    “Apa prioritas utama dari pekerjaan ini?”



    Sering kali saat menerima pekerjaan baru Anda tidak mengetahui secara detail prioritas utama dari pekerjaan tersebut. Tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan prioritas yang diingikan oleh perusahaan akan menimbulkan citra yang kurang baik. Menanyakan prioritas utama dari pekerjaan penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui fokus dari pekerjaan.

    “Bagaimana dengan jenjang karier di perusahaan ini?

    Setiap perusahaan pasti menawarkan jenjang karier yang berbeda. Sehingga Anda harus menanyakan jenjang karier sebuah perusahaan saat melakukan wawancara kerja. Terlebih jika Anda berencana untuk menetap lama di perusahan tersebut. Menerima pekerjaan dengan jenjang karier yang tidak sesuai dengan keinginan akan membuat Anda kecewa dan malas bekerja dengan baik.  

    “Apa saja tantangan dari pekerjaan ini?”

    Sebelum menerima sebuah pekerjaan, Anda tentu harus mengetahui tantangan dari pekerjaan tersebut. Menerima pekerjaan yang memiliki tantangan terlalu besar bagi Anda dapat menimbulkan stres. Hal ini dapat berakhir pada kinerja yang tidak maksimal, lho. Selain itu, perusahaan yang tidak bisa menjabarkan tantangan dari sebuah pekerjaan juga harus dicurigai. Ini berarti perusahaan tersebut kurang memperhatikan karyawannya.

     

    Baca juga:



    Percaya Diri Saat Wawancara Kerja Pertama

    5 Hal yang Bikin Pewawancara Ilfil

    Alasan Anda Tidak Mendapat Pekerjaan Incaran

     

    (Hana Devarianti / VP / Image: doc. dima_sidelnikov / iStock / Thinkstock)