Better You

5 Makanan yang Dapat Membuat Anda Semakin Lapar

  by: Redaksi       16/4/2015
  • Dear, jangan terburu-buru memilih makanan yang hendak dikonsumsi saat perut terasa kosong. Beberapa makanan justru dapat membuat Anda merasa lebih lapar, lho. Apakah makanan favorit Anda salah satunya?

    Roti Putih

    Roti putih seringkali menjadi pilihan makanan “pengganjal” di kala lapar sebelum jam makan. Padahal sebenarnya mengonsumsi roti putih dapat memicu napsu makan Anda. Sebuah studi di Spanyol menemukan bahwa mereka yang makan dua atau lebih porsi roti putih sehari memiliki risiko obesitas 40% lebih banyak dibandingkan mereka yang makan kurang dari itu. Alih-alih roti putih, lebih baik konsumsi roti gandum. Selain lebih mengeyangkan, roti gandum juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

    Snack Bar

    Snack bar, terutama yang memiliki kandungan pemanis buatan, juga dapat membuat napsu makan Anda meningkat. Pemanis buatan akan mengaktifkan indera perasa dan sistem penghargaan otak. Akan tetapi, rasa manis yang dihasilkan pemanis buatan tidak sesuai dengan rasa manis yang diharapkan oleh otak. Hal ini membuat otak terus-menerus mengirimkan sinyal “lapar” ke perut meskipun perut Anda sudah penuh dengan makanan.

    Pasta Putih



    Pasta putih memiliki masalah yang sama dengan roti putih. Karena kandungan serat yang rendah, semakin banyak memakan pasta semakin pula Anda merasa lapar. Saat tubuh mengonsumsi makanan yang rendah serat, gula darah akan menurun sehingga otak mengirimkan sinyal untuk mengonsumsi makanan lebih banyak.

    Sushi

    Ikan segar yang ada dalam sushi memang menyehatkan tubuh. Akan tetapi, sushi sebenarnya tidak memiliki kandungan serat yang cukup. Satu-satunya karbohidrat yang ada dalam sushi adalah nasi putih yang rendah serat. Selain itu, kecap asin yang menjadi penyedap rasa sushi dapat membuat Anda haus yang berujung pada rasa lapar. Yang mengejutkan, sushi memiliki karbohidrat yang tinggi. Satu california roll sama dengan tiga potong roti putih!

    Sereal



    Mengonsumsi sereal yang terbuat dari tepung putih dan memiliki kadar gula tinggi di pagi hari dapat mengacaukan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa semakin lapar. Beberapa sereal bahkan tidak memiliki serat yang cukup agar Anda merasa kenyang hingga jam makan siang tiba. Jika ingin mengonsumsi sereal di pagi hari, lebih baik pilih yang memiliki kandungan setidaknya 5 gram serat dan kurang dari 5 gram gula per porsi. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. Alliance/iStock/Thinkstock)