Better You

Capai Kebahagiaan dengan Ritual Simpel dari India

  by: Redaksi       16/4/2015
  • Bila diet dan gaya hidup modern tidak membantu Anda untuk mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup, mungkin sudah waktunya Anda mengintip teknik Ayurveda (yang bermakna “pengetahuan tentang hidup”) yang telah diterapkan di India sejak dulu. It’s actually easy and simple...

    Awareness of Life

    Para praktisi ritual ini (termasuk Deepak Chopra) menekankan pada keharmonisan tubuh, pikiran, dan lingkungan di sekitar kita—and that’s where happiness truly comes from. Cobalah untuk bermeditasi setiap harinya selama 10 menit untuk mengatur pernapasan, menenangkan detak jantung, menurunkan produksi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, dan meningkatkan kadar happy chemicals seperti serotonin dan dopamin. Selama bermeditasi, berikan apresiasi kepada kualitas Anda sebagai individu dan pencapaian Anda selama ini. You’ll be more grateful towards the life you live.



    A Plate of Rainbow

    Ayurveda menyarankan untuk menggabungkan enam macam rasa dalam menu Anda—manis, asin, asam, pedas (atau bersifat panas), pahit, gurih (bersifat kering)—supaya Anda merasa lebih full dan keinginan untuk overeat pun akan berkurang. Dan sangat penting juga untuk menyantap makanan sarat warna yang mengandung banyak properti antioksidan dan peningkat daya tahan tubuh.

    Sleep Well



    Anda beraktivitas selama 8 jam, hangout selama 2 jam, pergi/pulang kantor (total) 4 jam, dan Anda tidur hanya 5 jam?? Hmm, something’s not right there, ladies. Para pakar kesehatan selama ini memang telah sibuk mewanti-wanti Anda tidur antara 6 – 8 jam, dan para praktisi Ayurveda pun setuju akan hal tersebut, menyebut tidur sebagai “the nursemaid for humanity.” Apabila Anda kurang tidur maka konsekuensinya adalah merusakan keseimbangan internal tubuh, melemahkan sistem pertahanan tubuh, dan mempercepat proses penuaan. Now you really don’t want that to happen, right?

    Friends with Nature

    Generasi milenial dan anak-anak kecil zaman sekarang mungkin sudah terbiasa dengan hidup terpisah dari alam lantaran kian maraknya kehadiran smartphones dan online games dalam kehidupan mereka. Dan tanpa disadari Anda pun jadi kian stres karena terkena sindrom FOMO. Dunia tidak berubah hanya karena seseorang di Istanbul melakukan hal yang baru, dear—pergilah ke pantai atau pegunungan untuk melihat kalau...something will never change. Live in the now—as your body does. (Sahiri Loing / VP / Image: doc. DimaBerkut / iStock / Thinkstock)