Lifestyle

Destinasi Untuk Melihat Bunga Sakura, Selain Jepang

  by: RedaksiCosmopolitan       18/4/2015
  • Ternyata Jepang bukan satu-satunya negara yang menawarkan keindahan bunga sakura. Berikut Cosmo rekomendasikan lima destinasi yang juga memungkinkan Anda untuk menikmati bunga khas Jepang ini.  (Salli Sabarrang/VP/Image: various)



    Korea Selatan
    Bagi Anda penggemar drama Korea pasti sudah familiar dengan Jinhae. Yes, tempat ini sering menjadi lokasi syuting film drama Korea dan identik dengan bunga sakura atau cherry blossom. Setiap musim semi, lebih dari 1 juta orang datang untuk melihat pohon-pohon bunga sakura yang sedang bermekaran di sana. Ada dua lokasi yang sangat populer di Jinhae untuk menyaksikan indahnya bunga sakura yaitu Kyeong-Wha Station dan area sungai Yeojwa Stream yang dikenal sebagai Cherry Blossom Road.



    Taiwan
    Jika di Jepang bunga sakura mekar di sekitar bulan April, di Taiwan, cherry blossom akan mekar lebih awal, yakni pada akhir bulan Februari. Chiang Kai Shek Memorial Hall, Jinshan, Pingxi, Yangmingshan National Park, dan Wulai Hot Spring menjadi tempat paling favorit di Taiwan untuk menikmati indahnya bunga sakura.





    Washington
    Tak kurang dari 3.000 pohon sakura menghiasi Washington, Amerika Serikat. Ribuan pohon sakura ini merupakan hadiah dari Jepang hampir satu abad silam untuk menandai persahabatan kedua negara. Setahun sekali, setiap awal atau pertengahan bulan April, diselenggarakan National Cherry Blossom Festival di area Sakura Park untuk menyambut datangnya musim semi.



    Denmark
    Festival Bunga Sakura di Kopenhagen, Denmark merupakan tradisi yang masih terhitung baru. Tradisi ini berawal pada tahun 2005 ketika konsulat Jepang asal Hiroshima mempersembahkan 200 pohon sakura untuk menghormati pendongeng terkenal dari Denmark, Hans Christian Andersen. Pohon-pohon tersebut kemudian ditanam di Taman Langelinie. Sejak itu Kopenhagen rutin mengadakan Festival Bunga Sakura setiap tahunnya.



    Indonesia
    Menikmati keindahan bunga sakura tidak perlu jauh-jauh ke negeri empat musim seperti Jepang atau Korea. Di Indonesia pun ada! Di Bogor, tepatnya di Kebun Raya Cibodas, Anda bisa menjumpai bunga sakura bermekaran. Tak kurang dari 225 tanaman sakura spesies Prunus Cerosoides dengan dominasi warna pink dan putih, berjejer rapi menghiasi Taman Sakura yang bernuansa natural. Anda bisa melihat mekarnya bunga sakura di bulan Januari hingga Februari  juga bulan Agustus dan Sepetember. Jadi jangan sampai Anda datang di waktu yang kurang tepat ya.