Lifestyle

Kolaborasi Menawan Puisi M Aan Mansyur dan Ilustrasi Emte

  by: Redaksi       18/4/2015
  • Apa yang terjadi ketika seorang perupa dan penyair - yang belum pernah bertemu muka sama sekali - memutuskan untuk berkolaborasi? Well, inilah yang terjadi dalam pameran Melihat Api Bekerja yang merupakan "percakapan" kata dan rupa dari dua seniman M. Aan Mansyur dan Muhammad Taufiq, atau yang lebih akrab disapa Emte.

    Hadir di pembukaan pameran yang berlangsung tanggal 15 April lalu, Cosmo melihat sebuah perpaduan yang kohesif dalam pameran puisi dan ilustrasi tersebut. Yes dear, meskipun Aan tinggal di Makassar dan Emte berkarya di Jakarta, kolaborasi keduanya tampak menyatu dalam Melihat Api Bekerja. Melihat Api Bekerja sendiri sebenarnya adalah sebuah buku yang berisi 54 puisi karya Aan dan sebuah pameran 60 gambar ilustrasi karya Emte. Dari 60 karya tersebut, 41 di antaranya diseleksi untuk dipamerkan di Edwin's Gallery, Jakarta.

    "Buku ini sebetulnya bicara tentang kecepatan, masa depan, perkembangan kota, dan hal-hal lain yang membuat manusia kian jahat," ungkap Aan. Ya, tak heran jika Anda akan banyak menangkap nada sarkasme dalam puisi-puisi yang dilontarkan penulis kelahiran Bone, Sulawesi Selatan tersebut. Ilustrasi indah yang dibuat Emte sendiri tak harus dilihat sebagai penterjemahan puisi karya Aan karena sebenarnya karya keduanya hadir sebagai entitas tersendiri.  



    Jika Anda ingin menikmati karya dua seniman yang memiliki fanbase cukup luas tersebut, silahkan datang ke Edwin's Gallery, Jl. Kemang Raya no. 21, Jakarta. Pameran ini masih akan berlangsung sampai tanggal 26 April 2015 mendatang. (Vidi Prima / VP / Image: doc. Cosmopolitan Indonesia)