Better You

Cara Belanja Bulanan yang Cerdas

  by: Redaksi       20/4/2015
  • Rencana mau belanja tapi takut mengeluarkan uang lebih dari budget? Well, that can happen sometime. Maka dari itu trik berbelanja berikut wajib Anda ikuti supaya saldo Anda tidak “anoreksia” saat pulang dari supermarket...

    Ketahuilah Hari Terbaik untuk Belanja.



    Why? Bila Anda orang yang tergolong malas mengantre maka Anda berpotensi berkeliling supermarket untuk menunggu antrean memendek. Akibatnya...you shop more. Pergilah pada hari kerja atau seminggu setelah orang gajian. Dan bila tujuan Anda untuk menghemat, pergilah pada hari Jumat karena biasanya pada hari tersebut banyak supermarket menawarkan diskon untuk beberapa produknya. Be a smart shopper and do your research first.

    Jangan Pergi dengan Perut Kosong.



    Yup, suatu studi membuktikan kalau Anda pergi belanja dalam keadaan lapar maka kemungkinan besar saat melewati lorong snack Anda akan memborong hampir semuanya. So better fill up your tummy first, ladies! Dan berkaitan dengan hal ini, jangan juga Anda pergi belanja dengan “tangan kosong”, which means, bawalah list berisi rangkaian produk yang mesti Anda beli. Lagipula, Anda punya app note writing kan di ponsel Anda? Jadi tak ada alasan untuk lupa bawa buku catatan (how old-school). No list means a definite "Yes" to all items!

    Don’t Use the Plastic.

    Terdapat kecenderungan untuk belanja berlebihan bila Anda tak bawa uang cash—gesek saja dengan kartu kredit atau debet. Big mistake, ladies. Bila Anda benar-benar ingin mengawasi budget belanja bulanan, maka sebaiknya Anda perhitungkan dulu berapa kira-kira yang Anda butuhkan untuk keperluan per bulan lalu pisahkan uang tersebut. Sebelum pergi belanja, tinggalkan kartu kredit atau debet Anda di rumah dan bawalah uang cash. Tapi, bila Anda memang lebih nyaman dengan kartu, siapkanlah e-money. It’s modern times, after all.. (Sahiri Loing / VP / Image: doc. monkeybusinessimages / iStock / Thinkstock)