Better You

Tip Menjalani Pemeriksaan Ginekolog Pertama Kali

  by: Redaksi       20/4/2015
  • Pemeriksaan ginekolog pertama kali sering kali menimbulkan perasaan cemas dan tidak nyaman. Namun, ini bukan berarti Anda harus menunda melakukan pemeriksaan tersebut, dear. Atasi rasa cemas tersebut dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

    Kenali Miss Cheerful

    Memahami Miss Cheerful sebelum melakukan pemeriksaan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa Miss Cheerful sendiri menggunakan bantuan kaca. Dengan mengenali bagian-bagian Miss Cheerful, Anda juga lebih memahami penjelasan dokter selama pemeriksaan ginekolog.



    Latihan Otot Panggul

    Pemeriksaan ginekolog dapat membuat otot di sekitar panggul tegang. Hal tersebut akan membuat Anda merasa tidak nyaman selama pemeriksaan berlangsung. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat melakukan latihan otot panggul dengan melakukan senam kegel. Kegel adalah latihan untuk menguatkan otot dasar panggul yang menjadi tempat otot-otot penyangga organ-organ penting seperti kandung kemih, rahim, dan rektum.

    Temukan Dokter yang Dapat Dipercaya

    Agar Anda merasa nyaman selama pemeriksaan berlangsung, tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil terlebih dahulu tentang dokter-dokter ginekolog yang terpercaya. Akan tetapi, Cosmo sarankan tidak hanya melakukan riset melalui internet saja. Minta pula rekomendasi dari keluarga dan teman yang telah lebih dulu melakukan pemeriksaan ginekolog agar riset semakin lengkap.



    Bicara dengan Terbuka

    Salah satu hal penting yang harus dilakukan saat melakukan pemeriksaan ginekolog adalah berbicara terbuka tentang kesehatan area intim Anda. Dokter mungkin akan menanyakan tentang kehidupan seks dan kesehatan reproduksi Anda. Jawablah secara jujur dan terbuka sehingga dokter akan semakin paham kebutuhan yang diperlukan Miss Cheerful.

    Catat Hal Penting

    Selama pemeriksaan berlangsung, Anda akan mendapatkan banyak informasi baru bagi kesehatan area kewanitaan. Agar informasi tersebut tetap melekat di ingatan, catatlah hal-hal penting yang disampaikan oleh dokter. Hal ini juga mempermudah Anda menjaga kesehatan Miss Cheerful hingga pemeriksaan berikutnya. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. Monkeybusinessimages / iStock / Thinkstock)