Better You

Tip Agar Berat Badan Tidak “Yo-yo”

  by: RedaksiCosmopolitan       21/4/2015
  • Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalaminya – berat badan yang telah hilang akhirnya kembali naik setelah berhenti melakukan diet. Selain menjengkelkan, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan. Andrea Pennington, MD penulis buku The Pennington Plan for Weight Success mengatakan berat badan yang kerap naik-turun dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan jatung. Tidak perlu khawatir, beberapa cara di bawah ini dapat mencegah Anda dari berat badan yang “yo-yo”.

    Tentukan Target Baru

    Akan selalu ada acara yang membuat Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Entah itu reuni SMA, liburan di pantai, atau pesta perkawinan sahabat. Namun, menentukan target jangka pendek hanya akan membuat timbangan menambah setelah acara usai. Lebih baik buat target jangka panjang yang dapat memotivasi Anda untuk mempertahankan tubuh ideal yang telah dimiliki. Ingin menjadi lebih sehat dan bugar, misalnya?



    Berhenti Menghitung Kalori

    Inti dari diet memang mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, menghitung kalori dari setiap makanan yang dikonsumsi justru dapat mendorong napsu makan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang terpaku pada menghitung kalori dan membatasi asupan makanan akan lebih stres dan berujung pada mengonsumsi makanan secara berlebihan. Alih-alih memperhatikan jumlah kalori, lebih baik fokus pada efek gaya hidup sehat pada tubuh Anda. Efek positif yang dirasakan selama menjalani hidup sehat dapat mempermudah Anda menjaga berat badan tubuh yang ideal.


    Stop Menimbang Setiap Hari

    Tidak ada yang salah dari mengetahui berat badan Anda. Akan tetapi, menimbang setiap hari dapat mempengaruhi rasa percaya diri terhadap figur tubuh. Timbangan dapat meningkatkan rasa percaya diri atau menghancurkannya sama sekali. Perasaan tersebut sangat berperanguh pada tingkat stres dan motivasi Anda untuk menjalankan gaya hidup sehat yang telah dijalani. Tidak ada salahnya untuk mengurangi frekuensi menimbang menjadi satu bulan sekali.



    Buat Food Journal

    Anda sudah membuat food journal? Mungkin isinya adalah hanya catatan jumlah kalori dan makanan yang dikonsumsi hari ini. Ganti food journal tersebut dan isi dengan perasaan yang muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu. Dengan begitu, Anda akan lebih menghargai makanan yang telah dikonsumsi dan terhindar dari kebiasaan overeating.

    Terapkan Trik Mindful Meal

    Mindful meal adalah cara mengonsumsi makanan dalam keheningan sambil menjelajahi selera, tekstur, dan bau makanan secara detail. Saat sedang diet mudah untuk menjadi 'robot' saat mengonsumsi makanan. Hal ini membuat Anda tidak dapat menikmati secara maksimal kepuasan yang dihasilkan saat makan. Rasa puas terhadap makanan yang dikonsumsi secara mindful meal dapat mengurangi napsu yang berlebih dan berat badan “yo-yo”. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. ereidveto / iStock / Thinkstock)