Better You

5 Fakta Mengejutkan Tentang Pertemanan

  by: Redaksi       21/4/2015
  • Tidak ada seorang pun yang ingin hidup sendiri, bukan? Ya ladies, berteman sangatlah penting. Tapi tahukah Anda ada fakta-fakta mengejutkan yang berhubungan dengan pertemanan?

    Sedikit Teman = Risiko Finansial

    Berdasarkan info yang Cosmo lansir dari Journal of Consumer Research, saat Anda sedang merasa sedih seperti putus cinta, masalah keluarga atau kegagalan dalam karier, Anda akan berusaha untuk mengalihkannya dengan menghabiskan uang. Dan guess what, memiliki sedikit teman juga termasuk dalam perasaan sedih tersebut a.k.a kesepian.



    Banyak Teman di Sosial Media = Stres

    Kalau Anda kira punya banyak follower di Instagram, Twitter atau Facebook akan membuat bahagia, mungkin Anda harus tahu penelitian dari University of Edinburgh ini dulu. Para peneliti di universitas tersebut membuktikan bahwa memiliki banyak teman di sosial media justru membuat seseorang dapat bertambah stres. Tidak heran sih. Bayangkan saja kalau misalnya setengah dari jumlah total teman media sosial Anda sedang mengumbar rasa bahagia mereka bersama pasangan sedangkan Anda baru saja putus cinta. How do you feel?


    Teman Dapat Pengaruhi Pilihan Anda

    Dengan siapa Anda bergaul tentu akan menentukan bagaimana karakter Anda. Dan ya memang teman terdekat Anda dapat memengaruhi pilihan Anda. Semisal teman Anda suka minum kopi sedangkan Anda tidak. Lalu setiap kali bertemu, Anda akan sangat sering mendengar ceritanya tentang kopi dan buat Anda penasaran untuk mencoba kopi. Dan begitu seterusnya hingga menjadi kebiasaan.



    Teman yang Inspiratif Tingkatkan Self-Control

    Salah satu keuntungan memiliki teman adalah Anda dapat belajar banyak tentang karakter orang lain dan mencoba untuk dapat saling berbagi. Inspirasi juga salah satu hal yang akan Anda dan teman Anda bagikan satu sama lain. Saat Anda memiliki teman yang inspiratif, secara tidak langsung Anda dapat mengontrol diri lebih baik. Contohnya, teman Anda adalah seseorang yang menjunjung green living. Hal tersebut lalu membuat orang di sekitar bangga pada hal baik yang dilakukan. Nah, Anda pun lama kelamaan akan dengan sendirinya mengontrol diri saat ingin melakukan di luar kebiasaan teman Anda tersebut.

    Sahabat Dekat = Umur Panjang

    Apa yang Anda rasakan ketika berkumpul bersama teman-teman dekat Anda yang begitu tahu pribadi Anda luar dalam? The answer must be: HAPPY! Yes ladies, kesenangan memiliki sahabat dekat itulah yang buat seluruh sistem saraf di tubuh Anda mengendur dan memerintahkan otak untuk tidak depresi. Inilah yang membantu Anda miliki tubuh sehat dan umur panjang. (Aulia Meidiska/IR/gpointstudio/iStock/Thinkstock)