Better You

Rayakan Hari Bumi dengan Gaya Hidup Pintar

  by: Redaksi       22/4/2015
  • Walau keseharian penduduk urban masa kini sudah jarang bersentuhan dengan alam, bukan berarti Anda tak bisa bantu berkontribusi terhadap upaya menjaganya, kan? Ayo kita ikut rayakan Hari Bumi yang jatuh pada hari ini, 22 April, and hopefully you can keep doing it not only for today...

    The Devil is in the Plastic

    Fakta ini sudah kerap diangkat: plastik dan styrofoam berbahaya terhadap lingkungan karena mengandung material yang toxic. Dan sudah sering terjadi kasus di mana spesies laut mati lantaran memakan atau terjerat plastik. Solusinya: bawalah tas belanja sendiri saat pergi ke supermarket dan usahakan makan di tempat (atau bawalah tempat sendiri) untuk lunch atau dinner. Kurangi juga penggunaan sedotan yang bersifat sekali pakai. Remember, dear: less demand means less supply.



    Be More “Power-less”

    Here’s an annoying truth: these days we can’t “live” without our gadgets. Yang berarti Anda butuh suplai listrik lebih banyak, padahal hal tersebut akan membebani beban alam lantaran pengaliran listrik perlu bahan bakar seperti minyak bumi. Sebelum pemerintah dapat menyebarluaskan sumber energi alternatif (seperti sinar matahari atau panas bumi), cobalah kurangi beban pemakaian listrik dengan mengaktifkan energy reduction pada ponsel atau tablet, jangan charge ponsel semalaman (yang berpotensi merusaknya pula), dan matikan atau cabut sumber listrik yang kerap disebut phantom power. Posisi standby pun akan menyerap daya listrik lho.

    Safe Travels



    Tentu Anda tahu kalau minyak adalah energi yang tak terbarukan sehingga untuk ke depannya bila penggunaan mobil terus bertambah maka konsekuensinya adalah kian terkikisnya sumber minyak alam. So why not try this: naik kereta, busway, sepeda, bareng-bareng naik mobil dengan kolega yang rumahnya searah, Uber X, atau mungkin lebih sering jalan. Cosmo sadar Jakarta bukanlah kota yang bersahabat seperti Singapura, tapi reward yang Anda tuai dari “penderitaan” Anda akan lebih besar untuk masa depan bumi!

    The Miracle of Recycle

    Pernahkah Anda melihat pekerjaan pengelola sampah di kota ini? Honestly, it’s disgusting! Padahal di luar negeri profesi ini merupakan pekerjaan yang terhormat dan berbayar tinggi! That’s why, bila konsep “saving the earth” terlalu abstrak bagi Anda, mungkin berikutnya pikirkanlah tentang sang pengelola sampah saat Anda mencampur sampah organik dan anorganik dalam satu plastik. Recycling your waste is a smart act, ladies, dan yang lebih pintar lagi... pisahkan sampah elektronik seperti baterai—produk ini dapat melepas zat beracun bila ditimbun di tanah. (Sahiri Loing / VP / Image: doc. alexalenin / iStock / Thinkstock)