Better You

Ungkapkan 5 Hal Ini Pada Ginekolog Anda

  by: Redaksi       23/4/2015
  • Kebanyakan wanita enggan bicara terbuka tentang kondisi Miss Cheerful kepada ginekolog mereka. Padahal pemeriksaan saja tidak cukup, dear. Dokter terkadang sulit menemukan masalah pada area kewanitaan jika Anda tidak menyampaikan hal-hal di bawah ini. So speak up for your health!

    Ungkapkan Jumlah Partner Anda

    Yup, ginekolog harus mengetahui berapa banyak jumlah partner seks Anda saat ini. Jangan khawatir karena dia tidak akan menghakimi atau menganggap Anda aneh. Jika dilihat dari sudut pandang medis, hal ini dapat sangat membantu dokter dalam menemukan masalah pada Miss Cheerful. Alyssa Dweck, MD salah satu penulis dari buku V is for Vagina mengatakan, semakin banyak informasi yang relevan disampaikan akan semakin tepat pula perawatan yang akan diberikan.



    Apakah Miss Cheerful Terasa Sakit Saat Berhubungan Intim?

    Masalah ini ternyata tidak hanya terjadi pada wanita yang sudah berusia lanjut, lho. Banyak wanita muda yang ternyata mengalaminya. Menurut Mary Jane Minkin, M.D., ginekolog dan profesor klinis di Yale School of Medicine, Miss Cheerful yang kering, posisi rahim yang sedikit miring, atau efek dari pil kontrasepsi yang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab dari masalah ini.

    Pendarahan Setelah Hubungan Intim

    Jika hal itu terjadi setelah melakukan sesi yang sangat intens di atas ranjang, Anda tidak perlu khawatir. Namun, apabila terjadi berulang kali, Anda harus menyampaikannya kepada  ginekolog. Pendarahan setelah hubungan intim dapat berarti Miss Cheerful yang infeksi atau kering bahkan masalah yang lebih serius seperti pra-kanker serviks.



    Masalah Menstrual

    Masalah menstrual bukan hanya soal siklus bulanan yang terlambat. Pendarahan yang melebihi biasanya, kram yang intens, hingga gejala PMS yang hebat juga harus disampaikan kepada ginekolog Anda. Gejala yang tidak normal selama menstruasi dapat menjadi indikasi dari stres, masalah tiroid, kista, hingga pertumbuhan pra-kanker.

    Obat dan Suplemen yang Dikonsumsi

    Meskipun obat atau suplemen yang dikonsumsi saat ini tidak berhubungan dengan kesehatan Miss Cheerful, Anda tetap harus menyampaikannya ke dokter ginekolog. Termasuk pula obat dan suplemen herbal. Informasi ini penting untuk menentukan alat kontrasepsi yang sebaiknya digunakan. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. ValuaVitali / iStock / Thinkstock)