Career

Kebiasaan yang Bisa Buat Anda Terlilit Utang

  by: Redaksi       24/4/2015
  • Rendahnya kemampuan mengendalikan pengeluaran dapat memicu munculnya utang. Berikut lima kebiasaan yang sering membuat Anda terjebak dalam lilitan utang!

    Membeli Barang yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

    Sumber utang terbesar adalah pengeluaran yang melebihi hal yang Anda butuhkan. Saran Cosmo, jangan pergi berbelanja jika sedang merasa bosan di rumah karena Anda akan tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Cobalah membuat rencana yang matang jika ingin membeli sebuah barang. Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, maka Anda dapat kembali di lain hari untuk membelinya.



    Tidak Melunasi Tagihan Kartu Kredit Setiap Bulan

    Banyak orang yang menggunakan kartu kredit tapi tidak langsung melunasinya. Biasanya para pengguna hanya membayar tagihan minimal setiap bulan. Kondisi tersebut akan membuat semua utang Anda menumpuk dari bulan ke bulan. Cobalah untuk melunasi tagihan setiap bulannya guna mengurangi jumlah utang pribadi Anda.

    Tidak Menabung

    Menghabiskan uang yang diperoleh setiap bulan berarti Anda tidak memiliki dana untuk keadaan darurat. Saat hal-hal buruk terjadi, Anda tak punya tabungan dan terpaksa harus berutang. Pinjaman tersebut akan berbunga dan membuat utang Anda menumpuk.



    Tak Punya Anggaran

    Tidak menuliskan anggaran keuangan akan membuat Anda kesulitan mengendalikan pengeluaran. Sebaiknya setiap bulan Anda membuat anggaran berapa jumlah uang yang digunakan untuk membayar cicilan mobil, sewa apartemen, dan juga jumlah uang yang harus ditabung. Sisa uang dari anggaran adalah nominal uang yang bisa Anda belanjakan.

    Merasa Memiliki Banyak Uang

    Seringkali Anda merasa memiliki banyak uang saat baru menerima gaji setiap bulan. Hati-hati, kondisi tersebut dapat membuat Anda menjadi sangat boros dan akhirnya di akhir bulan tak ada satu rupiah pun yang tersisa di dalam tabungan juga dompet Anda. Berjanjilah untuk senantiasa menyisihkan uang terlebih dulu sebelum menggunakannya. (Salli Sabarrang/VP/Image: Alliance/iStock/Thinkstock)