Better You

Pilih Mamografi atau USG Mamae?

  by: Adya Azka       27/4/2015
  • Kanker payudara memang menjadi salah satu penyakit yang mengancam kehidupan wanita. Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mulai melakukan pemeriksaan dini. Selain SADARI (Periksa Payudara Sendiri), ternyata ada juga pemeriksaan payudara yang dikenal dengan mamografi dan USG Mamae. Tapi mana yang lebih baik untuk Anda ya? Simak penjelasan singkat Cosmo berikut.

    Mamografi
    American Cancer Society dan National Cancer Institute menganjurkan untuk melakukan mamografi sekali setahun bagi wanita diatas 40 tahun. Pemeriksaan ini terutama dilakukan bagi Anda yang merasa adanya perubahan pada bagian payudara. Misalnya, adanya benjolan yang tidak sakit, nyeri pada payudara, puting susu tertarik ke dalam, atau mengeluarkan cairan abnormal.

    USG Mamae
    Banyaknya kasus kanker payudara yang menyerang wanita muda, tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Nah, bagi Anda yang masih berusia di bawah 30 tahun, menurut Seattle Cancer Care Alliance dan University of Washington, inilah pilihan pemeriksaan yang tepat. Tekstur payudara yang lebih padat menjadi pertimbangan mengapa Anda sebaiknya memilih pemeriksaan dengan USG Mamae. Selain untuk wanita muda, pemeriksaan ini juga tepat untuk wanita yang sedang hamil aatau menyusui. USG Mamae juga bisa membantu Anda untuk membedakan antara kista dan tumor yang mungkin menyerang payudara. (Adhia Azka/VP/Image: VStock LLC/Vstock/Thinkstock)