Better You

Serba-Serbi Pemeriksaan Payudara

  by: Adya Azka       28/4/2015
  • Setelah membaca artikel Cosmo mengenai pemeriksaan dini kesehatan payudara, lalu Anda tertarik untuk melakukannya? Tunggu dulu, karena sebelum pemeriksaan dilakukan ada, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti poin-poin di bawah ini…

    1.Pilihlah hari pemeriksaan saat Anda tidak sedang dalam masa menstruasi.
    2.Bagi wanita usia reproduksi yaitu rentang 15-39 tahun sebaiknya dilakukan pada hari 1 -14 dari siklus haid atau 2 minggu sebelum haid yang akan datang.
    3.Jangan melakukan mamografi 1 minggu sebelum haid karena pada saat ini payudara agak bengkak. Kalau sudah begitu, bagi sebagian orang, pemeriksaan ini akan terasa cukup menyakitkan.
    4.Pemeriksaan USG Mamae bisa dipilih bagi Anda yang hampir mendekati masa menstruasi, pasalnya pemeriksaan ini memang tidak terasa menyakitkan.
    5.Hindari penggunaan deodorant, lotion, ataupun bedak di bagian payudara dan ketiak satu hari sebelum tanggal pemeriksaan. Hal ini bertujuan agar hasil pemeriksaan lebih akurat, dear. Pasalnya penggunaan deodorant ataupun lotion saat pemeriksaan dapat menimbulkan bentuk spots yang mengaburkan hasil dari pemeriksaan.
    6.Bagi Anda yang masih berusia di bawah 40 tahun, pemeriksaan dapat dilakukan tiga tahun sekali. Namun saat menginjak usia 40 tahun, pemeriksaan sebaiknya dilakukan satu tahun sekali. (Adhia Azka/VP/Image: g-stockstudio/iStock/Thinkstock)