Career

Lakukan Hal Ini Saat Menjalin Networking

  by: RedaksiCosmopolitan       27/4/2015
  • Menjalin networking untuk mencapai kesepakatan kerja sama memang susah-susah gampang. Tapi dengan cara Cosmo berikut, menjalin networking tidak akan sesulit yang Anda kira kok.

    Pelajari Terlebih Dulu
    Cari tahu terlebih dulu siapa yang akan Anda temui saat meeting nanti. Selain Anda harus mempelajari latar belakang perusahaan yang akan Anda ajak kerja sama, tak ada salahnya mencari tahu beberapa hal penting mengenai si klien. Jika Anda sudah tahu hal yang ia sukai, akan lebih mudah bukan untuk breaking the ice dan menjalin networking?

    Ucapkan Terima Kasih
    Simple, namun banyak orang yang melupakan hal penting ini. Meskipun acara lunch meeting sudah berakhir, bukan berarti pertemuan ini berlalu begitu saja. Setelah sampai di kantor, sempatkan untuk mengirimkan e-mail ucapan terima kasih atas kesediaan klien Anda untuk mengikuti meeting hari ini. Jangan lupa ungkapkan juga jika Anda merasa terkesan dengan pertemuan tersebut dan berharap jika kerja sama yang baik dapat terus terjalin.





    Follow Up
    Jangan ingin serba instan dalam menjalin networking. Karena ada tujuan dan kesepakatan yang ingin dicapai, maka usaha yang Anda lakukan pun seharusnya lebih maksimal. Jadi, setelah pertemuan pertama selesai, selalu lakukan follow up. Usahakan untuk segera melakukan kontak lanjutan setelah bertemu dengan klien. (Adhia Azka/VP/Image: nyul/iStock/Thinkstock)