Career

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Menjalin Networking

  by: RedaksiCosmopolitan       28/4/2015
  • Saat Anda bertemu klien, tentu harapannya ingin menjalin networking dengan baik bukan? Tapi jika Anda melakukan ketiga hal berikut, pertemuan pertama justru bisa membuat hubungan bisnis Anda tidak berjalan dengan lancar.

    Memberikan Opini Tanpa Diminta
    Mungkin maksud Anda ingin terlihat aktif di depan klien. Memang sah-sah saja jika Anda ingin mengungkapkan sebuah opini. Tapi saat meeting pertama kali, sebaiknya Anda mengambil sikap netral, terlebih bila Anda memang belum tahu opini pribadi orang yang diajak bicara. Jangan sampai opini yang tidak sesuai dengan klien justru merusak acara meeting kali ini.

    Bersikap Malu-Malu ataupun Agresif
    Saat bertemu klien, cobalah untuk bersikap profesional. Jangan sampai Anda terlihat bersikap malu-malu karena akan membuat Anda dan klien terjebak dalam situasi yang canggung. Tapi, jangan terlihat terlalu agresif dan menunjukan jika Anda sangat ingin menjalin kerja sama dengannya karena hal ini akan membuat Anda terlihat tidak tulus di mata klien ketika menjalin hubungan networking ini.





    Berharap Hasil Instan
    Terkadang, butuh waktu beberapa lama untuk seseorang agar mau membantu Anda. Oleh karena itu, jangan puas dengan pertemuan yang hanya sekali saja. Tak ada salahnya untuk mengajak klien bertemu di lain waktu. (Adhia Azka/VP/Image: g-stockstudio/iStock/Thinkstock)