Career

5 Cara Berargumentasi Layaknya Pemimpin

  by: Redaksi       28/4/2015
  • Cosmo mengerti terkadang Anda memiliki keraguan saat hendak beragumentasi bersama bos dan rekan-rekan kerja di kantor. Tapi, ladies, argumentasi dapat menjadi salah satu cara untuk membuat karier Anda bersinar, lho. Coba pelajari cara beragumentasi layaknya pemimpin berikut ini.

    Tahu Benar Permasalahan

    Sebelum mulai berargumentasi, ada baiknya Anda melakukan observasi dahulu terhadap permasalahan yang ingin didiskusikan. Jangan sampai Anda mempermalukan diri sendiri karena memperjuangkan hal yang tidak benar-benar Anda pahami.



    Percaya Diri

    Ketika mencoba berargumen, Anda harus meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini penting agar pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik. Percaya deh, orang lain pun jadi akan lebih menghargai Anda.


    Minta Tanggapan

    Meminta tanggapan orang lain sangatlah penting untuk mendukung diskusi yang sedang berjalan. Suatu hal tidak akan disebut sebuah diskusi jika argumen hanya berasal dari satu orang, kan? Nah, hal ini juga dapat Anda gunakan sebagai pelajaran untuk melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang, darling.



    Dukung Opini Orang Lain

    Walaupun Anda harus mempertahankan argumen, bukan berarti Anda tidak terbuka pada opini orang lain. Justru dengan mendukung opini orang lain, bukannya tidak mungkin orang tersebut pun akan mulai terbuka dengan argumen Anda.

    Jangan Memicu “Peperangan”

    Yang terpenting dalam beragumentasi bukanlah menang atau kalah tetapi menuju kesepakatan yang sama. Jika merasa argumentasi Anda sudah mulai memanaskan situasi, mulailah untuk menurunkan tensi dan sedikit mengalah. Toh perdebatan tidak akan menghasilkan hasil yang sempurna, dear. (Aulia Meidiska/SW/Image: nyul/iStock/Thinkstock)