Better You

5 Alasan Hewan Peliharaan Baik Untuk Kesehatan

  by: Redaksi       28/4/2015
  • Anda pecinta binatang? Good for you! Karena Cosmo mengetahui berbagai fakta yang membuktikan bahwa hewan peliharaan dapat membantu Anda jadi lebih sehat. Mengapa?

    Turunkan Kolesterol

    Seperti yang dikatakan oleh Rebecca A. Johnson, PhD, Kepala Pusat Penelitian untuk Human-Animal Interaction at di University of Missouri College of Veterinary Medicine, hewan peliharaan dapat menurunkan kadar kolesterol. Contohnya jika Anda memiliki anjing, Anda harus rutin mengajaknya berjalan-jalan, kan? Nah, dengan banyak berjalan maka kadar kolesterol dalam tubuh secara tidak sadar pun akan berkurang.



    Kurangi Stres

    Melihat tingkah hewan peliharaan yang menggemaskan atau tingkah aneh mereka memang sudah jelas akan mengurangi stres Anda. Jadi, ladies, hormon oksitosin, molekul neurokimia, akan terlepas begitu Anda melihat sesuatu yang menyenangkan. Dan.. memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan!

    Stabilkan Tekanan Darah

    Coba rasakan mengelus bulu halus kucing Anda. Relaks tidak? Ya, dear, inilah yang membuat tekanan darah Anda akan stabil. Saat mengelus kucing atau hewan berbulu, yang akan didapatkan adalah rasa tenang. Sehingga tekanan darah yang tadinya tinggi akan berangsur-angsur turun dan jadi stabil.



    Hindari Penyakit Kardiovaskular

    Nah, karena hewan peliharaan dapat menurunkan kolesterol, stres dan tekanan darah kesehatan jantung Anda juga secara tidak langsung akan terjaga. Risiko penyakit kardiovaskular misalnya akan dapat dicegah dengan mudah.

    Dapat Memonitor Perubahan Tubuh

    Jika Anda sangat dekat dengan hewan peliharaan, hewan tersebut dapat sangat sensitif pada kondisi tubuh. Seperti yang Cosmo lansir dari Christopher Buckley, Director of Veterinary Medicine di Human Society of West Michigan, Kalamazoo, beberapa jenis hewan seperti anjing dapat memonitor pemiliknya yang menderita diabetes. Anjing tersebut akan bereaksi ketika terjadi perubahan aroma napas sang pemilik yang adalah tanda penurunan gula darah, lho. Hebat ya? (Aulia Meidiska / SW / Image: Dirima/iStock/Thinkstock)