Better You

5 Cara Perbaiki Mood dalam Waktu 30 Detik!

  by: Redaksi       28/4/2015
  • Jalan-jalan di taman kota sambil menikmati sinar matahari, menonton film komedi yang membuat tertawa, dan berolahraga yang mengeluarkan keringat sudah terbukti dapat memperbaiki mood. Namun, harus diakui, terkadang Anda tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Jangan khawatir, beberapa kegiatan di bawah ini dapat meningkatkan suasana hati dalam waktu 30 detik saja!

    Tersenyum

    Membuat kontak mata sambil tersenyum ke orang lain dapat membuat hari menjadi lebih 'cerah', lho. Christine Carter, Ph.D., penulis dari The Sweet Spot: How to Find Your Groove at Home and Work dan anggota senior dari Berkeley’s Greater Good Science Center di University of California, mengatakan tersenyum dapat membangun koneksi dengan orang lain, sehingga Anda merasa lebih aman, santai, dan bahagia. Tidak hanya itu, menggerakkan otot-otot senyum di wajah juga membuat suasa hati menjadi lebih baik.



    Ucapkan Terima Kasih

    Ucapan terima kasih adalah salah satu cara untuk mensyukuri kehidupan Anda. Christine Carter mengatakan seseorang yang berlatih untuk mensyukuri dan menghargai hidupnya akan lebih antusias dan tertarik pada lingkungan sekitarnya. Mengucapkan terima kasih mampu memberikan perspektif yang lebih besar tentang kebahagiaan dalam hidup. Hal ini tentu dapat membuat hari Anda menjadi lebih menyenangkan.

    Duduk atau Berdiri Tegak

    Anda mungkin sudah tahu kalau duduk atau berdiri tegak dapat membuat postur tubuh terlihat baik. Namun, ternyata duduk atau berdiri tegak juga dapat meningkatkan mood dan rasa percaya diri Anda. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry. Jurnal tersebut juga mengatakan bahwa postur tubuh yang baik lebih mudah dalam memancarkan energi positif yang membuat bahagia.



    Memberi Pelukan

    Sentuhan adalah cara manusia untuk menunjukkan cinta dan kasih sayangnya. Memeluk seseorang membuat Anda merasakan emosi positif dan kehangatan orang tersebut. Selain itu, pelukan juga meningkatkan hormon oksitosin atau hormon 'cinta' dalam tubuh. Hormon yang muncul pada tubuh ketika Anda merasa bahagia.

    Yakin 100%

    Bukan sebuah rahasia lagi kalau Anda akan merasa bahagia ketika mendedikasikan diri pada hal yang dipercaya. Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Political Psychology mengatakan seorang yang mampu mengambil sikap terhadap hal yang sangat diyakininya memliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. Selain itu, mereka juga memiliki ikatan hubungan yang lebih kuat dengan orang di sekitar mereka. Hal ini membuat mereka menjadi seseorang yang lebih positif dan bahagia. (Hana Devarianti/IR/Image: mihhailov/iStock/Thinkstock)