Love & Sex

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan Beda Usia Telalu Jauh

  by: Redaksi       29/4/2015
  • Berkencan dengan pria yang berbeda usia cukup jauh memang bisa jadi tantangan tersendiri. Berikut adalah lima masalah yang sering dihadapi oleh pasangan yang memiliki rentang usia cukup jauh.

    Komentar Negatif

    Banyak orang yang menyangka bahwa berkencan dengan pria yang lebih tua pasti memiliki “motivasi” lain, begitu juga sebaliknya. Saat orang lain mengetahui kalau pasangan Anda sangat berbeda jauh usianya, terkadang muncul begitu banyak komentar negatif yang bisa menimbulkan masalah dalam hubungan asmara Anda dan pasangan.



    Komunikasi yang Kurang

    Perbedaan usia yang cukup jauh akan berdampak pada cara berkomunikasi Anda dan pasangan. Akan ada beberapa kesenjangan yang bisa menimbuklan pertikaian. Misalnya, topik pembicaraan si dia yang tak dimengerti oleh Anda sehingga membuat komunikasi menjadi berkurang, begitu juga sebaliknya. Selain itu, komunikasi yang kurang juga terjadi karena perbedaan zaman. Misalnya, kekasih sibuk berkomentar soal The Bee Gees, sementara Anda malah ingin ngobrol tentang boyband yang sedang tenar akhir-akhir ini.

    Keseriusan Dalam Hubungan

    Perbedaan usia pun akan berdampak pada komitmen dalam hubungan. Jika Anda berpacaran dengan pria yang lebih muda, si dia pasti cenderung tidak akan memikirkan komitmen yang lebih serius. Ia cenderung ingin bersenang-senang layaknya pria seusianya. Sebaliknya, jika berkencan dengan pria yang jauh lebih “matang”, biasanya ia cenderung lebih menjaga jarak karena pernah memiliki pengalaman pahit sebelumnya, atau malah terlalu serius ketika menjalaninya.



    Perbedaan Cara Pandang

    Jika si dia jauh lebih muda, pengalaman hidupnya mungkin belum sebanyak Anda, sehingga cara pandang pun berbeda akan suatu hal. Misalkan saja, si dia belum terpikirkan untuk menabung karena masih ingin bersenang-senang sedangkan Anda ingin dia lebih memikirkan masa depannya sendiri.

    Ditentang Orang Tua

    Kebanyakan orang tua ingin anaknya mendapatkan kekasih yang “sejajar” dalam hal apapun, termasuk umur. Jika perbedaan umur hanya dua atau tiga tahun, kemungkinan orangtua tidak mempermasalahkannya, tapi jika perbedaan umur terlalu jauh, tentu akan membuat orangtua was-was. Orangtua pun akan memikirkan masalah-masalah yang akan terjadi nantinya bila sang anak meneruskan hubungan dengan pria yang berbeda usia. (Salli Sabarrang/VP/Image: 4774344sean/iStock/Thinkstock)