Better You

Vaksin yang Tidak Boleh Dilewatkan Orang Dewasa

  by: RedaksiCosmopolitan       30/4/2015
  • Siapa bilang vaksin hanya diberikan pada anak kecil saja? Ternyata beberapa vaksin berikut tidak boleh Anda lewatkan saat sudah beranjak dewasa.

    Vaksin HPV
    Kanker serviks menjadi salah satu penyakit mematikan bagi wanita. Sebagai salah satu usaha pencegahan dari penyakit ini, Anda sebaiknya mendapatkan vaksin HPV. Inilah vaksin yang akan melawan Human Papilloma Virus yang menjadi cikal bakal kanker serviks.

    Vaksin MMR
    MMR adalah singkatan dari Measles (campak), Mumps (gondongan), dan Rubella (campak Jerman). Ketiganya adalah penyakit serius yang dapat mengancam orang dewasa. Oleh karena itu, sangat dianjurkan Anda mendapatkan vaksin ini, terutama jika Anda sudah memikiki rencana untuk menikah. Namun begitu, bagi seseorang yang memiliki alergi tertentu atau menderita gangguan pembekuan darah sebaiknya berkonsultasi lebih intens terlebih dulu dengan dokter pribadi.



    Vaksin Influenza
    Terserang flu bagi beberapa orang akan terasa menyiksa. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan vaksinasi satu kali dalam satu tahun, terutama saat musim hujan dan penyebaran virus influenza sedang tinggi.



    Vaksin Hepatitis B
    Bagi Anda yang sudah aktif secara seksual, vaksin yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pasalnya, vaksin ini akan menghindarkan Anda dari penyakit kuning dan kanker hati yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual ataupun penggunaan jarum suntik. Tapi, sebelum Anda mendapatkan vaksin ini sebaiknya lakukan pengecekan darah terlebih dulu. Hal ini disebabkan vaksinasi hepatitis B hanya dapat diberikan kepada orang yang belum terinfeksi. (Adhia Azka/VP/Image: various)