Better You

6 Makanan Ini Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Anda

  by: Silvya Winny       17/4/2016
  • Seringkali Anda tidak menyadari kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung kolesterol jahat yang memiliki dampak negatif bagi tubuh manusia. Kolesterol inilah yang menyebabkan penumpukan pada arteri yang memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Namun jangan khawatir! Anda masih dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

    Dark Chocolate
    Cokelat hitam mengandung antioksidan yang bernama flavonoids yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan hal yang maksimal, konsumsilah cokelat hitam dalam porsi sedang agar asupan lemak jenuh dan gula tidak berlebihan.

    Alpukat
    Kandungan asam oleic yang ada di dalam buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam aliran darah. Anda dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara sesuka Anda, seperti membuat jus atau guacamole.



    Teh Hijau
    Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi  yang baik bagi kesehatan karena terbuat dari daun teh yang tidak difermentasi dan tidak melalui banyak proses. Namun, tetap konsumsi dengan cara yang benar, ya! Teh hijau akan sangat baik jika dihidangkan dalam keadaan hangat, bukan panas. Karena ketika menghidangkannya dalam keadaan panas hanya akan mematikan antioksidan di dalamnya.

    Kacang-kacangan
    Jenis kacang-kacangan seperti almond dan pistachio mengandung lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.



    Ikan
    Beberapa jenis ikan, seperti tuna albacore, sardin dan halibut mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang berfungsi menurunkan kadar trigliserida (salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia) dalam darah. Konsumsi ikan yang baik adalah sebanyak 8 ons setiap minggunya.

    Gandum
    Oatmeal dan beras cokelat mengandung banyak serat mudah larut yang terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dengan cara menurunkan penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Produk gandum ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi dalam menu makan sehari-hari, seperti sarapan dengan oatmeal dan buah hingga memasak nasi cokelat sebagai pengganti nasi putih. (Sintya W / SW / Image: Robin Mackenzie/Shutterstock/Clickphotos)