Career

Cek Hal Ini Sebelum Menutup Kartu Kredit Anda

  by: Silvya Winny       20/4/2016
  • Ingin menutup kartu kredit? Perhatikan dulu beberapa hal berikut sebelum Anda melakukannya!

     

    Iuran Tahunan



    Cek kembali, jika memang kartu kredit tersebut masih terbebas dari biaya iuran tahunan, well dear, kenapa harus ditutup? Apalagi jika kartu kredit tersebut memberikan banyak promo menarik. Tidak ada salahnya untuk menunda pilihan tersebut, kan. Sebaliknya, jika kartu kredit Anda membebankan banyak iuran setiap tahunnya dan Anda sendiri jarang menggunakannya, it might be worth closing the card.

     

    Berapa Lama Anda Sudah Memilikinya

    Ingat kembali kapan Anda membuat kartu kredit tersebut. Jika Anda sudah memilikinya selama bertahun-tahun, ada baiknya berpikir ulang mengenai rencana menutup kartu kredit. Apalagi jika Anda selalu melunasi pembayaran kartu kredit dengan baik setiap bulannya. Track record yang baik akan berguna untuk Anda nantinya.

     

    Baru Saja Menutup Kartu Kredit Lain



    Ada baiknya Anda tidak menutup beberapa kartu sekaligus di waktu yang berdekatan. Hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan bagi para kreditor. Buruknya lagi, hal tersebut bisa saja masuk ke dalam record data. Anda bisa saja mengalami kesulitan untuk membuka kartu kredit lainnya saat dibutuhkan nanti.

     

    Tukar Dulu Rewards Anda

    Banyak kartu kredit yang memberikan sistem rewards pada para pemiliknya, seperti potongan harga hingga free product. Jika Anda ingin menutup kartu kredit, tak ada salahnya untuk menukar terlebih dahulu reward yang Anda miliki. Well, siapa sih yang tidak suka hadiah?

     

    Melunasi Tagihan

    Hal paling penting yang harus dilakukan sebelum menutup kartu kredit adalah membayar lunas seluruh tagihan. Cek kembali sisa tagihan Anda lalu lunasi sisanya. Dikejar para kreditor? It's too much drama.(Alvin Yoga / VP/ Image: Dok. )