Better You

Fakta Bahwa Alat Gym Menyimpan Banyak Bakteri

  by: Hana A. Devarianti       29/4/2016
  • Ladies, pergi ke gym untuk berolahraga memang sangat baik bagi kesehatan. Namun, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan baik sebelum dan setelah memakai alat-alatnya, ya! Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri berkembang biak di tubuh Anda. Sebuah studi menemukan bahwa setiap alat kebugaran memiliki jumlah bakteri yang berbeda. Membayangkannya saja sudah malas, bukan?

    Beberapa peneliti menemukan bahwa jumlah bakteri yang ada di sepeda fitness 39 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan nampan makanan yang seringkali kita jumpai di kafetaria. Sedangkan bakteri yang menempel di treadmill jumlahnya 74 kali lebih banyak daripada bakteri yang menempel di wastafel toilet umum. Parahnya lagi, bakteri yang menempel pada alat berat memiliki jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan toilet duduk. Yikes!

    Jenis bakteri yang menempel pada alat kebugaran ini tentunya memiliki efek negatif bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat menyebabkan infeksi kulit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Karenanya, penting bagi Anda untuk selalu membersihkan alat kebugaran sebelum dan sesudah memakainya. Usahakan juga untuk selalu menggunakan alas kaki saat di gym, tidak menyentuh wajah saat berolahraga, dan pastikan untuk mengganti baju Anda segera setelah selesai berolahraga ya. (Sintya W/SW/Image: Halfpoint/Shutterstock/Clickphotos)