Better You

Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Bisa Menyakiti Gigi Anda

  by: Kanta       6/4/2016
  • Siapa sih yang tidak ingin senyum sehat dan indah? Tapi tahukah Anda ternyata banyak efek samping dari aktifitas kesehatan gigi yang selama ini dilakukan. Baca lebih lanjut, dear!

    1.Menyikat gigi terlalu sering
    Kita sering kali diberitahu untuk menyikat gigi setelah makan. Faktanya, jika pH dari makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung acid, maka menyikat gigi setelah makan bisa merusak gigi karena menyebabkan abrasi. Akan lebih baik jika Anda berkumur dengan air putih lalu menunggu selama 30 hingga 60 menit sebelum menyikat gigi. Dengan begini kandungan acid  yang bisa merusak enamel akan dinetralisir terlebih dahulu.

    2.Terlalu sering memutihkan gigi
    Anda mungkin sering berpikir, semakin putih gigi maka semakin sehat. Itu pengertian yang salah, dear! Melakukan pemutihan yang berlebihan – berkali-kali dalam sehari atau seminggu – bisa membuat gigi menjadi super sensitif. Jika Anda merasa kalau gigi terasa nyeri saat disikat atau makan makanan panas atau dingin, Anda perlu mengurangi penggunaan pemutih gigi.



    3.Bulu sikat yang terlalu keras
    Sikat gigi yang digunakan memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan mulut dan gigi. Jika Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu keras, maka ini akan mengakibatkan erosi pada gusi dan enamel. Plak-plak sisa makanan  sebenarnya lebih mudah terangkat jika menggunakan sikat dengan bulu halus. Menyikatlah dengan perlahan dalam gerakan berputar agar bisa membersihkan gigi secara menyeluruh.

    4.Menggunakan mouthwash beralkohol
    Obat kumur bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut tapi hanya terjadi pada jenis bebas gula dan alkohol. Penggunaan mouthwash yang mengandung alkohol secara berlebihan ternyata bisa membuat soft tissue dalam mulut terkena iritasi dan hal ini seringkali dihubungkan dengan resiko terkena kanker mulut. Alkohol yang terkandung dalam obat kumur bisa mengeringkan tissue dan membunuh bakteri baik yang melindungi gigi dan mulut.



    5.Menyikat terlalu kuat
    Seperti tidak cukup mengingatkan Anda untuk tidak menyikat gigi terlalu sering dan menggunakan jenis sikat yang tepat. Anda juga harus selalu ingat untuk tidak menyikat gigi terlalu kuat. Beberapa orang menganggap bahwa dengan menyikat gigi sekuat mungkin membuat gigi lebih bersih. Padahal hal ini bisa mengakibatkan iritasi pada gusi dan rusaknya enamel.

    6.Menggunakan tusuk gigi
    Terkadang Anda pasti menggunakan tusuk gigi untuk mengangkat sisa makanan di celah gigi yang menganggu. Tapi nyatanya tusuk gigi ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, apalagi jika Anda tidak menggunakannya dengan tepat. Jika Anda mencolok dengan tusuk gigi terlalu sering dan terlalu kuat hal ini bisa memberikan efek yang buruk buat enamel, memperluas jarak gigi bahkan membuat gusi menyusut. (Eunike Freskanta/FT/Image:dok.www.outnow.ch)