Better You

Kurangi Rasa Stres Anda dengan 3 Olahraga Ini

  by: Hana A. Devarianti       4/4/2016
  • Pekerjaan yang menumpuk dan padatnya aktivitas sehari-hari seringkali menjadi penyebab utama timbulnya rasa tertekan dan khawatir yang berlebihan pada kebanyakan orang. Maka dari itu, perlu satu aktivitas yang dapat menyegarkan kembali pikiran dan jiwa Anda, salah satunya adalah melalui olahraga. Sebagai pilihannya, Anda dapat melakukan beberapa jenis olahraga pilihan Cosmo berikut ini.

    Lari

    Melakukan olahraga lari selama lima belas menit dalam sehari sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat membakar kalori dengan cepat dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, olahraga lari juga dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang. Sebuah penelitian yang tercantum dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience mengatakan bahwa beberapa jenis olahraga seperti lari dapat berperan sebagai antidepressants yang memicu perkembangan saraf di otak. Olahraga lari juga akan membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak di malam hari, di mana keadaan ini sangatlah baik untuk meningkatkan memori di otak, menurunkan tingkat stres, dan melindungi seseorang dari serangan depresi.



    Yoga

    Penellitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengatakan bahwa olahraga yoga terbukti dapat mengurangi rasa cemas, depresi, amarah, dan kelainan saraf yang dialami oleh seseorang. Selain gerakan stretching dan core strengthening, olahraga yoga juga fokus pada latihan pernapasan. Para ahli mengatakan bahwa latihan pernapasan ini memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan mental, karena seseorang akan sulit untuk merasa cemas dan khawatir pada saat mereka mengambil napas dalam-dalam ketika yoga. Wanna try?




    Mendaki

    Selain kedua jenis olahraga di atas, mendaki gunung juga dapat Anda lakukan untuk mengurangi stress akibat kesibukan sehari-hari. Pada saat mendaki, Anda akan banyak berinteraksi secara langsung dengan alam. Alam memiliki calming effect yang sangat baik untuk menyegarkan kembali pikiran Anda. ( Sintya W / SW/ Image: LuckyImages / Shutterstock / Clickphotos )