Better You

Pengaruh Positif Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Tubuh

  by: Hana A. Devarianti       5/4/2016
  • Tidak hanya bisa dijadikan sebagai teman, ternyata hewan peliharaan memiliki pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan mental seseorang. Penelitian yang dilakukan di Harvard mengatakan bahwa sebagian besar orang akan merasa jauh lebih baik setelah mereka bermain dengan hewan peliharaan. Berikut alasannya.

    Mampu menurunkan tingkat hormon stres

    Sandra Barker, PhD, seorang Director Center for Human-Animal Interaction di Virginia Commonwealth University School of Medicine mengatakan bahwa menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan seperti anjing setelah mengalami hal berat, mampu mengurangi hormon stres dan meningkatkan hormon oksitoksin yang mampu membuat seseorang merasa lebih baik dan bahagia.



    Membantu menurunkan tekanan darah

    Stres yang dialami oleh manusia akan memicu timbulnya serangan jantung dan naiknya tekanan darah. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan relaksasi bersama hewan peliharaan. Penelitian yang dilakukan di Australia menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki hewan peliharaan memiliki tekanan darah yang normal dibandingkan dengan orang yang tidak.



    Membantu mengatasi permasalahan hidup

    Jika Anda sedang dilanda masalah, mungkin saja hewan peliharaan Anda dapat memberikan solusi melalui berbagai sudut pandang. Contohnya, saat sedang berjalan-jalan bersama hewan peliharaan dan melihat mereka menghargai setiap hal yang mereka temui di jalan. Hal ini seharusnya mampu membuat Anda berpikir untuk melakukan hal yang sama. Anda pasti bisa. ( Sintya W / SW / Image: antoniodiaz / Shutterstock / Clickphotos )