Better You

Jangan Tambahkan Gula dalam Kopi, Mengapa?

  by: Hana A. Devarianti       5/4/2016
  • Dulu, seringkali Anda melihat orangtua atau kerabat yang menambahkan gula ke dalam kopi dengan alasan ingin ada rasa manis dalam kopi pahit. Meskipun tidak dilarang, menambahkan gula ke dalam kopi ternyata mampu memicu timbulnya gangguan pada lambung manusia.

    Sandhy Selaras, Senior Barista dari Tanamera Coffee mengatakan bahwa kopi murni sangat baik bagi kesehatan karena mengandung antioksidan tinggi, sehingga akan lebih baik jika tidak menambahkan gula ke dalamnya. Menurutnya lagi, penambahan gula pada kopi hanya akan membuat kopi terasa asam. “Jika menambahkan ornamen lain seperti gula hanya akan membuat rasa kopi sama satu dengan yang lainnya. Tidak ada karakter dari citarasa kopi karena tertutup oleh rasa manis.” jelasnya.

    Karenanya, Shandy menghimbau masyarakat agar mulai membiasakan diri untuk tidak menambahkan gula ke dalam kopi untuk menikmati citarasa yang ada, karena kopi yang diseduh dengan cara yang benar tidak akan menghasilkan rasa pahit di lidah. ( Sintya W / SW / Image: SVPhilon / Shutterstock / Clickphotos )