Better You

Jangan Konsumsi Ini Sebelum Olahraga

  by: Silvya Winny       9/4/2016
  • Ternyata penting, lho menjaga asupan makanan dan minuman sebelum berolahraga. Beberapa makanan dan minuman dapat membuat tubuh lebih berenergi sehingga latihan jadi lebih bersemangat. Namun, yang lainnya –seperti yang ada di bawah ini, justru dapat membuat latihan tidak maksimal.

     

    Sayuran Hijau

    Meski sayuran hijau sangat baik bagi Anda yang sedang diet, makanan ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut saat berolahraga. Kandungan serta yang tinggi pada sayuran hijau seperti, kale dan brokoli dapat membuat perut kembung. Jika tetap ingin mengonsumsi sayuran hijau, cobalah mencampurnya dengan buah, oat kering atau granola, dan air agar lebih mudah dicerna tubuh.



    Sport Drink

    Yup, sport drink ternyata tidak baik diminum sebelum berolahraga. Walaupun memiliki kandungan beberapa vitamin dan elektrolit, minuman ini juga kaya akan gula. Padahal, mengonsumsi terlalu banyak gula sebelum olahraga dapat menimbulkan rasa lelah. Lebih baik pilih jus tomat yang kaya akan kalium serta dapat menjaga Anda agar tidak dehidrasi.

    Biji-bijan

    Sama seperti sayuran hijau, mengonsumsi biji-bijian dapat membuat perut kembung sehingga tidak dianjurkan untuk dimakan sebelum latihan. Kandungan lemak pada biji-bijianlah yang dapat memancing gas dalam perut Anda. Jadi, pastikan Anda mengurangi konsumsi ini saat akan berolahraga.



    Makanan Pedas

    Oh dear, sepertinya Anda sudah tahu risiko mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat menyebabkan kram dan nyeri pada ulu hati karena rempah dan bumbu memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Namun, apabila Anda “ngidam” rasa pedas di lidah sebelum olahraga dimulai, pilih makanan yang rendah sodium dan tidak memiliki bahan buatan untuk mencegah rasa tidak nyaman di perut.

    Protein Bars

    Jangan tertipu, dear. Protein bars adalah pilihan makanan pre-workout yang buruk. Makanan ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Sama seperti sport drink, protein bars justru dapat membuat tubuh lelah. Akibatnya, Anda merasa tidak sanggup melewati sesi body combat. Oh no! (Hana Devarianti / SW / Image: VGstockstudio / Shutterstock / Shutterstock )