Better You

Ini Penyebab Miss Cheerful Gatal

  by: Hana A. Devarianti       13/4/2016
  • Tidak ada yang lebih menyebalkan dari Miss Cheerful yang tiba-tiba terasa gatal. Ugh... Pasti jadi tidak nyaman dan tidak percaya diri saat beraktivitas. Sebenarnya apa sih penyebabnya? Ternyata gara-gara lima hal ini.

     

    Iritasi Kulit



    Jika rasa gatal pada Miss Cheerful disertai dengan kulit yang merah dan membengkak, kemungkinan besar Anda mengalami iritasi kulit. Iritasi kulit biasanya disebabkan karena alergi produk tertentu. Produk yang dipakai sehari-hari seperti sabun, celana dalam dengan bahan tertentu, bahkan kondom juga dapat menimbulkan iritasi, lho.

     

    Hormon

    Yup, perubahan hormon saat menstruasi pun dapat menyebabkan rasa gatal. Level hormon yang tidak seimbang seringkali membuat Miss Cheerful kering dan hal tersebut dapat memicu rasa gatal. Selain itu, Miss Cheerful yang kering biasanya juga lebih mudah mengalami iritasi kulit.

     

    Infeksi Jamur



    Infeksi jamur pada Miss Cheerful seringkali menyebabkan rasa gatal. Gejala lainnya selain gatal adalah keputihan dengan carian yang kental. Infeksi jamur terjadi ketika pH pada Miss Cheerful tidak seimbang. Penyebabnya beragam, mulai dari penggunaan obat antibiotik, stres, diet, hingga seks yang tidak aman.

     

    Bacterial Vaginosis

    Bacterial vaginosis (BV) adalah infeksi yang disebabkan karena pertumbuhan bakteri jahat yang berlebih pada Miss Cheerful. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini mirip dengan infeksi jamur, yaitu rasa gatal serta keputihan yang berair dan bau. Para peneliti belum mengetahui secara pasti pemicu dari penyakit ini, tetapi sering membersihkan bagian dalam Miss Cheerful atau douching dapat meningkatkan resiko terjangkit BV.

     

    Penyakit Menular Seksual

    Banyak dari penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan rasa gatal pada Miss Cheerful. Klamidia, herpes, trikomoniasis, dan gonore adalah beberapa di antaranya. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami rasa gatal yang disertai dengan gejala lainnya, seperti rasa terbakar saat buang air kecil, keputihan yang berbau tidak sedap, pembengkakan, dan rasa sakit saat seks. (Hana Devarianti/SW/Images: Vladimir Gjorgiev/shutterstock/clickphotos)