Career

Cari Tahu Keadaan Uang Anda Sekarang

  by: Silvya Winny       14/4/2016
  • Banyak orang takut untuk memahami keadaan uang mereka yang sebenarnya, padahal check and re-check keadaan “kantong” itu perlu, lho. Intip apa saja yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan sisa uang bulan ini.

     

    Cek Keadaan Emergency Fund



    Lihat jumlah uang yang Anda kumpulkan di emergency fund. Pastikan jumlahnya cukup untuk pengeluaran maksimum Anda selama 12 bulan ke depan (bukan jumlah minimum, ya). Jika memang angkanya masih kurang, penuhi sebelum Anda beralih ke tabungan lainnya. Hal terpenting adalah, pastikan dana emergency berbeda dengan uang tabungan Anda. Ingat, uang ini sebaiknya dipakai jika keadaan memang benar-benar darurat.

     

    Apakah Pengeluaran Anda Sesuai Dengan Budget

    Yes, budgeting is important. Hal pertama yang harus Anda lakukan tiap bulannya adalah membagikan pengeluaran dan simpanan sesuai dengan budget yang sudah Anda buat sendiri sebelumnya. Belum membuat budget? Make one now! Jangan mengeluh jika uang Anda “mengalir deras” tiap bulannya jika tidak memiliki budget.

     

    Pikirkan Langkah Berikutnya Dengan Tabungan Anda

    Cari tahu berapa jumlah uang tabungan Anda sekarang, lalu pikirkan langkah selanjutnya yang ingin Anda lakukan dengan uang tersebut. Apakah Anda ingin memindahkannya ke retirement fund ataukah Anda ingin menyimpannya untuk membayar cicilan rumah. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan uang tabungan tersebut.



     

    Apakah Anda Bisa Mendapatkan Dana Lebih Besar

    Jangan melulu mengeluh dengan gaji Anda yang (sepertinya) tidak pernah cukup. Sebaliknya, cari cara lain untuk menambah pundi-pundi uang pada tabungan Anda. Semisal mengambil side job yang sesuai dengan hobi atau skill Anda. There's always a way out, dear!

     

    Bagaimana Keadaan Kartu Kredit Anda

    Apakah jumlah kredit yang belum Anda bayarkan jumlahnya masih “membengkak”? Atau justru Anda bisa menghubungi pihak bank untuk menambah limit kartu kredit? Psst, ingat baik-baik bahwa jumlah kredit yang bertambah bukan berarti Anda bisa berhutang lebih banyak.

    (Alvin Yoga / SS / Image: Outnow.ch)