Better You

Cara Jitu Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

  by: Redaksi       4/4/2017
  • Setiap individu pasti punya masa lalu dan kesalahan yang diperbuat. Tapi bukan berarti hal tersebut membawa hidup Anda menjadi terpuruk. Belajar dari kesalahan, memaafkan diri sendiri dan memulai lembaran baru dengan lebih baik adalah salah satu cara untuk bisa move on. Berikut adalah tiga hal dasar yang perlu Anda pelajari untuk melakukan hal tersebut.

     

    Kenali Pokok Permasalahan Anda



    Jika rasa penyesalan dan bersalah datang menghampiri, hentikan sejenak semua aktivitas Anda. Renungi dan kenali masalah yang tengah Anda hadapi ini. Saat Anda berhasil melakukan dan “menghentikan” waktu sesaat ini akan mempermudah diri Anda untuk bisa menyelesaikan akar permasalahan yang terjadi.

     

    (Baca juga artikel: Tip Hadapi Rekan Kerja yang Tidak Menyukai Anda)

     

    Ubah Cara Berpikir Anda

    Anda tentunya tak ingin terus menerus tenggelam dalam perasaan bersalah dan menjadikan hidup lebih buruk dari sebelumnya, kan? Mulai sekarang, ubah pola pikir Anda. Saat Anda berhasil menemukan inti permasalahan, selesaikan dengan baik, dan mulai menata kembali tujuan hidup Anda untuk mencapai sukses tanpa mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan. Jadikan hal yang pernah terjadi dalam hidup Anda sebagai pembelajaran dan tolak ukur untuk melopmat pada level kesuksesan yang lebih baik.



     

    (Baca juga artikel: Pasangan Anda Posesif? Baca Artikel Ini!)

     

    Atur Prioritas Anda

    Daripada mempermasalahkan hal kecil yang akan menghambat kesuksesan, ada baiknya untuk mulai menata hal-hal utama yang perlu Anda lakukan untuk jadi pribadi yang lebih baik. Dengan begini Anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan hal-hal penting dalam hidup daripada sekadar tenggelam pada kesalahan masa lalu. (Irfina Indriyani / VP / Image: doc.  Johan Larson / Shutterstock / Clickphotos)