Better You

5 Manfaat Menakjubkan Mandi dengan Air Dingin

  by: Kezia Calesta       1/4/2017
  • Meskipun mandi dengan air hangat memang lebih nyaman, membilas diri dengan air dingin jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan, lho. Ini dia lima alasan dari Cosmo!

     



    Merawat Rambut dan Kulit

    Mandi dengan air hangat akan membuka pori-pori dan mengeringkan kulit Anda. Air dingin melakukan hal sebaliknya – ia menutup pori-pori supaya rambut tidak mudah rontok. Hasilnya: rambut yang lebih kuat dan berkilau!


     

    Membantu Mengatasi Depresi

    Mandi air dingin sudah terbukti dapat mengatasi gejala depresi – reseptor kulit akan mengirim impuls ke saraf otak dan menghasilkan efek anti-depresi dan menaikkan mood.

    Menurunkan Berat Badan

    Sebuah studi oleh Joslin Diabetes Center membuktikan bahwa air dingin akan membuat brown fat dalam tubuh bekerja untuk memberikan tubuh kehangatan. Bye-bye, fat!



     

    Mengurangi Pegal Otot

    Atlet biasanya mandi air dingin setelah training untuk mengurangi pegal sehabis olahraga, lho. Sebuah studi di tahun 2009 membuktikan bahwa mandi air dingin selama 24 menit dapat meringankan otot pegal 1-4 hari setelah olahraga.

     

    Memberi Energy Boost

    Ya, mandi dengan air dingin di pagi hari memang tidak selalu menyenangkan – namun Anda akan langsung merasa segar seketika. Why? Karena darah dalam tubuh Anda akan mengalir dengan cepat, melindungi organ-organ tubuh, meningkatkan imunitas dan memberikan Anda energi!

     

    (Kezia Calesta / VP / Image: doc. Valua Vitaly / Shutterstock)



    tags: health tips