Love & Sex

7 Alasan Mengapa Seks Baik untuk Kesehatan Tubuh

  by: Hana A. Devarianti       5/4/2017
  • Ternyata ada cara yang menyenangkan dan menggairahkan untuk punya gaya hidup sehat: S-E-K-S. Cosmo menemukan setidaknya tujuh manfaat seks bagi kesehatan yang semuanya sudah diteliti oleh para ahli!

     



    via GIPHY

     

    #1: Mencegah Flu

    Itulah yang diungkapkan para peneliti di Wilkes University, Pennsylvania, Amerika Serikat. Seseorang yang melakukan seks paling tidak dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi immunoglobulin A (IgA) yang lebih tinggi. Antibodi ini yang kemudian membantu tubuh melawan virus flu. Ahhhh-mazing!

     

    #2: Mengatasi Stres

    Yes, darling. Penelitian yang dilakukan oleh University of the West of Scotland menemukan bahwa mereka yang berhubungan seksual sebanyak paling tidak sekali dalam dua minggu akan lebih mampu menghadapi situasi yang menimbulkan stres, seperti berbicara di depan umum. Ini karena seks melepaskan hormon endorfin dan oksitosin yang dapat mencegah rasa cemas bahkan depresi.

    (Baca juga: 5 Hal Mengejutkan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Stres)

     

    #3: Tidur Lebih Nyenyak

    Manfaat yang sama berlaku pula pada tidur Anda. Hormon oksitosin juga membantu tubuh beristirahat lebih baik. Bahkan, menurut hasil survei yang dilakukan perusahaan Sactuary Spa di Inggris, satu dari enam wanita mengaku tidur lebih nyenyak setelah seks. Hello, beauty sleep!

     

    #4: Natural Pain Killer

    Mencapai puncak ternyata bisa jadi pain killer untuk tubuh, lho. Studi yang dilakukan oleh Headache Clinic di Southern Illinois University menemukan seks mampu meredakan sakit migrain pada wanita. Psst, ini berlaku pula waktu Anda mencapai the big o saat solo sex.

    (Baca juga: Cara Cepat Mencapai Orgasme Saat Bercinta)



     

    #5: “Mengontrol” Siklus Bulanan

    Seks juga jadi jawaban untuk mengatasi pendarahan berlebih plus mengurangi rasa kram saat menstruasi. Cindy M. Meston, Ph.D., co-author dari buku Why Women Have Sex mengatakan orgasme membuat rahim kontraksi sehingga tubuh akan “membuang” senyawa kimia penyebab kram. Manfaat lainnya? Mempercepat aliran darah sehingga durasi siklus pun lebih pendek.

     

    #6: Youthful-Glowing Skin

    Yup, Anda tidak salah baca. Seks dapat memberikan efek glowing pada kulitdan membuat Anda terlihat lebih muda. Hasil studi yang dilakukan oleh Royal Edinburgh Hospital di Skotlandia mengatakan, wanita yang melakukan-”nya” empat kali dalam seminggu terlihat 12 tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Wow!

    (Baca juga: Tips Sederhana Miliki Tubuh & Kulit Wajah yang Sehat)

     

    #7: Killer Body

    Tahukah Anda kalau seks dapat dihitung sebagai latihan kardio. Satu kali kegiatan seksi ini mampu membakar 85 sampai 250 kalori, tergantung dari durasi Anda dan si dia melakukannya. Malah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology menganggap aktivitas ini sama dengan latihan sederhana di treadmill.

     

    Extra Benefit for Your Man: Menurunkan Risiko Kanker Prostat

    Menurut sebuah studi dari Harvard Medical School, pria yang sering mencapai klimaks memiliki risiko 22% lebih rendah terkena kanker prostat. Sedangkan, pria yang tidak pernah berhubungan seks memiliki risiko dua kali lebih tinggi terjangkit penyakit yang sama.

     

    (Hana Devarianti/FT/Image: outnow.ch)